Rabu, 19 September 2012

Tips Agar Batere Laptop Awet

Berikut adalah tips agar batere laptop anda awet, bisa juga diterapkan di Ponsel atau gadget karena semua tips adalah prinsip dasar batere, yaitu:

1. Cas laptop dalam keadaan mati. Petunjuk bahwa batere laptop telah terisi penuh adalah lampu LED penanda batere akan berubah warna dari merah ke biru. Apabila telah terisi penuh, cabut charger.

2. Setting Control Panel seperlunya agar hemat batere antara lain : setel agar layar tidak terlalu terang (adjust plan brightness), setel redupkan layar (dim the display) setelah tidak digunakan selama 10 menit,  setel layar menjadi mati (turn off the display) setelah tidak digunakan selama 15 menit, setel harddisk mati setelah tidak digunakan selama 15 menit,. Yang paling banyak mengkonsumsi batere adalah harddisk dan LCD.

3. Jangan menggunakan laptop dengan charger terpasang! Hidupkan alarm penanda batere kosong agar anda tahu ketika batere akan habis (jika ada). Setel settingan "power options" laptop menjadi "sleep" ketika batere telah mencapai 10% agar kita bisa tetap menyimpan pekerjaan kita. Setel "power options" laptop ke "shut down" ketika batere telah mencapai 5% agar laptop tidak mati mendadak ketika proses shutdown.

4. Apabila anda perlu menggunakan laptop sementara baterenya low, anda tidak bisa menunggu batere dicas dulu kan? kelamaan... maka pasang charger sampai batere penuh sambil anda bekerja. Cabut charger saat penuh dan ketika batere low kembali, pasang lagi charger tersebut dan begitu seterusnya

5. Lebih awet lagi untuk batere adalah dilepas dan gunakan charger saja. Tetapi anda harus yakin bahwa listrik tidak akan padam atau anda mempunyai UPS (Uninterruptible power supply)/ Power Bank. Karena bila listrik padam, anda akan beresiko kehilangan pekerjaan anda dilaptop dan/atau software atau OS (Operating System) rusak, dan/atau hardware laptop anda rusak ketika listrik tiba-tiba padam!!!

6. Masalah suhu batere gak usah khawatir, karena sepanjang pengalaman gue belum pernah ada batere laptop yang kepanasan, gak kayak batere gadget. Kalo batere kembung yang biasa terjadi di ponsel (tanda batere telah soak/rusak) itu dikarenakan ponsel tersebut sering dimainkan dalam posisi di cas. Tetapi untuk batere laptop jauh lebih tahan panas dan tidak mudah kembung seperti batere ponsel.

Kalo langkah-langkah di atas anda ikuti, batere laptop anda akan panjang umur, murah rejeki & enteng jodoh... hahahahaha ... \(^,^)/\(^,^)/\(^,^)/\(^,^)/\(^,^)/\(^,^)/. Silakan bertanya bagi yang belum jelas yaa...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar