Jumat, 27 Juli 2012

Suzuki Satria FU 150

Kelemahan Belalang Tempur

Suzuki Satria FU 2011

Kali ini saya akan membahas beberapa keunggulan dan kelemahan dari Suzuki Satria FU. Satria FU adalah motor bebek sport keluaran Suzuki. Bebek ini mempunyai kapasitas mesin terbesar dikelasnya yaitu 150 cc (dibandingkan dengan Yamaha Jupiter MX=135 cc, Honda CS1=125 cc, Kawasaki Athlete=125 cc).
Bebek ini mempunyai spesifikasi yang cukup lengkap, sehingga tanpa dimodifikasi pun tampilannya sudah keren. Yang membedakan adalah Satria FU menggunakan Front Fork (garpu depan) motor besar (pake setang jepit). Sehingga bentuknya seperti belalang.


Apa yang membedakan garpu depan motor besar dengan motor bebek? satu set garpu depan motor besar menggunakan shock tipe teleskopic yang panjang sampai ke setang dan steerer tube untuk menghubungkan ke rangka motor sedangkan garpu depan motor bebek biasa menggunakan shock tipe telescopic yang pendek, dan terhubung ke rangka dan setang menggunakan steering stem. Selain tipe telescopic, ada juga tipe-tipe shock lainnya tetapi tidak umum dipergunakan.

shock depan motor bebek (Honda CS1)
steering stem untuk motor bebek (Honda CS1)
front fork motor besar (Honda Tiger)

Garpu depan motor besar seperti ini ada pada motor bebek Kawasaki Athlete dan Satria FU. Untuk Jupiter MX dan CS1 menggunakan garpu depan dan setang bebek biasa.
Di Thailand, motor ini disebut Suzuki Raider 150. Motor ini dikeluarkan untuk menyaingi Honda Sonic.


Suzuki Raider 150 Thailand


Di Malaysia namanya Suzuki Belang R150

Honda Sonic RS Super, 125 cc, Thailand

Adapun keunggulan Satria FU adalah:
  1. Kapasitas mesin (cc) terbesar di kelas bebek 4 tak yaitu 150 cc.
  2. Mempunyai sistem pendingin oli mesin (SACS=Suzuki Advance Cooling System).
  3. Front Fork (garpu depan) motor besar membuat pengendalian lebih mantap (karena setang menempel langsung ke set garpu depan)
  4. Rem cakram belakang, Monoshock belakang, walaupun sekarang semua motor punya spesifikasi yang sama.
  5. Mempunyai 6 percepatan (gigi enam), Tachometer (pengukur RPM), pengukur kecepatan digital
  6. Mempunyai 4 valve/ klep sama seperti mesin mobil. Motor biasa hanya memiliki 2 valve sedangkan Satria FU memiliki 4 valve. Hal inilah yang menjadi keunggulan utama dari Satria FU yaitu "percepatan/akselerasi' bukan kecepatan. Karena dengan cc yang lebih besar memang sudah seharusnya Satria FU memiliki kecepatan yang lebih tinggi (dalam teorinya).
Kelemahan 4 valve: 
Pada kecepatan rendah, 4 valve tersebut tidak efisien, cenderung boros dan sia-sia karena tidak diperlukan kerja valve yang cepat untuk memasukkan bahan bakar+udara atau mengeluarkan hasil pembakaran. 
Keunggulan 4 valve:
Pada kecepatan tinggi, empat valve tersebut sangat efektif sekali karena pembakaran dan pengeluaran bisa lebih cepat. 2 valve memompa bahan bakar+udara lebih banyak daripada 1 valve dan 2 valve buang  juga sama. Keunggulan lain adalah akselerasi (percepatan) akan lebih besar dibandingkan 2 valve. 
mesin Satria FU
Dapat kita lihat pada gambar di atas 4 buah valve/klep yang mengelilingi busi pada mesin Satria FU.

Kelemahan Satria FU:
  1. Rantai Klep/Rantai keteng (camshaft chain) yang panjang membuatnya lebih cepat kendor. Pada dasarnya rantai klep Satria FU memiliki tensioner (pengencang otomatis) yang mengencangkan rantai klep dengan sendirinya. Akan tetapi tensioner tersebut kalah cepat umurnya dibandingkan kendornya rantai klep. Hal yang mempercepat kendornya rantai klep adalah ukuran panjangnya, terlalu banyak lekukan rantai, pelumasan kurang sempurna, oli pelumas kurang bagus dan tipikal pengendara motor yang sering memainkan gas. Apabila rantai klep kendor akan terdengar bunyi tek tek tek tek seirama dengan gas di sebelah kiri mesin.
  2. Rantai roda yang terlalu panjang dan dekat dengan garpu belakang. Karena rantai roda terlalu panjang maka sama seperti rantai klep, lebih cepat kendor. Letaknya yang  nyaris dempet dengan garpu membuat rantai akan berbunyi berisik ketika lewat jalan jelek (rantai berbenturan dengan garpu). Bunyi berisik tersebut sangat mengganggu sekali membuat kita seperti naik motor tua.
  3. Pendingin Oli mesin yang tidak sempurna. Pendingin oli mesinnya terlalu kecil, tidak memiliki kipas, terlalu tinggi dari bak mesin. Akibatnya: a) Apabila jalanan macet mesin cepat panas, apabila mesin terlalu panas akan mati sendiri. b) Pelumasan mesin terlambat pada saat start dikarenakan oli mesin memutar dulu ke atas sebelum kembali ke mesin dan transmisi naik lagi ke camshaft (klep) turun lagi ke mesin, sehingga pelumasan kurang sempurna.
  4. Aki kering dengan ukuran kecil. Aki kering tentunya praktis tapi umurnya lebih pendek. Apalagi kita menambah atau mengubah lampu menjadi LED (putih) dengan watt besar atau menambah aksesoris listrik. Semakin memperpendek umur aki. Paling lama satu tahun dan siap-siap membeli aki baru.
  5. Kunci standar mudah sekali dicuri. Motor-motor terbaru sekarang telah dilengkapi dengan kunci magnetik yang bisa ditutup. Dengan mengandalkan kunci standar, saya jamin motor FU anda akan dicuri dengan kunci letter T dalam waktu 10 detik.
  6. Monoshock belakang yang terlalu lembut. Untuk kenyamanan memang diperlukan shock yang lembut,  apalagi kita sering melewati jalan jelek. Akan tetapi.... untuk kecepatan, Monoshock belakang yang lembut itu sangat berbahaya. Pada saat pengereman, Monoshock akan membanting liar (dominan ke kiri karena mur gear rantai cenderung tidak kuat) disebabkan ayunan monoshock yang lembut, ban menjadi tidak ada traksi (tidak lengket) di jalan.
  7. Susah hidup apabila mesin dingin/ sudah lama tidak dihidupkan. Ini terjadi karena Pilot Jet Karburator yang tidak cocok untuk RPM rendah. Solusinya mainkan choke motor, lepas gas ketika di starter. Usahakan pake kick starter apabila mesin dingin (hemat aki). Apabila ingin masalah selesai ganti Pilot Jet atau ganti karbu dengan karbu motor besar.
  8. Tidak ada gantungan untuk barang bawaan. Apabila anda beli motor hanya untuk kebut-kebutan, ini tidak perlu. Kalo perlu, berarti anda perlu dua motor, satu untuk harian dan satu untuk kebut-kebutan? Dan jangan sekali-kali menggantungkan apapun di segitiga setang ataupun di setang, dan spion.!!! Karena begitu barang bawaan anda terjepit antara setang dan body ketika berbelok...!!! Anda akan terjungkal.
  9. Kelemahan ini baru saja saya temukan yaitu komstir oblag, apabila anda sering masuk lubang, kemudian setang berbunyi "pletak" ketika mengerem atau ngegas, brarti komstir setang anda oblag. Tidak usah dicari masalahnya di tempat lain di setang, karena masalahnya cuma di tempat itu saja yaitu komstir (gambar di bawah). Kemungkinannya, minyak gemuk (grease) kering/ habis atau bola kelahar karat /pecah.
  10. per kopling mudah lemah sehingga susah masuk gigi. Ketika FU anda susah masuk gigi atau keras ketika masuk gigi berarti per kopling sudah lemah dan saatnya mengganti per kopling. Bila per kopling lemah maka kopling tidak tertarik sempurna berakibat gear transmisi tidak tepat pada posisinya, itulah yang menyebabkan masuk gigi keras. Dibawah ini adalah gambar per kopling dan posisinya.
Nomor 15 adalah per kopling FU


Tips dan Trik

  1. Untuk mesin dengan 4 valve, lebih baik apabila menggunakan bahan bakar beroktan tinggi (kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar yang tahan tekanan piston). Saya sarankan menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus (Pertamax Rp. 9.250,- Pertamax Plus Rp. 9.850,- Premium Rp.4.500,-) 
  2. Saluran PAIR atau secondary air valve sebaiknya ditutup saja, karena menyebabkan kenalpot nembak-nembak. Secondary Air Valve ini letaknya di atas head cylinder sebelah kanan.
  3. Untuk oli pelumas sebaiknya menggunakan oli sintetik, SAE 15W-50. Saran saya oli premium (mahalan) seperti Shell Advance Ultra 4T (Rp. 160.000,-/liter) atau Motul 5100 Ester 4T (Rp. 85.000,-/liter) atau Pertamina Enduro Racing 4T (Rp.45.000,-/liter) 
  4. Yang paling penting adalah gantilah oli secara teratur, minimal satu bulan sekali. Ini sangat penting untuk daya tahan komponen mesin anda. Lebih sering mengganti oli akan lebih bagus.
  5. Busi lebih bagus menggunakan busi iridium, bisa Denso Iridium atau NGK Iridium. 
  6. Apabila hobi ngebut sebaiknya Monoshock belakang ganti demi keamanan anda (dengan monoshock balap seperti YSS). Solusi lain adalah memperpendek tinggi motor. Motor lebih pendek akan memperbaiki kestabilan pengereman. Solusi lainnya adalah naikkan berat badan anda diatas 90 kg karena monoshock belakang lebih stabil dengan beban berat...hahahaha.... 
  7. Pada saat pertama kali start di pagi hari, panaskan motor terlebih dahulu (jangan di gas) sekitar 1 menit. Mengapa? agar pelumasan mesin sempurna (lihat Kelemahan Satria FU nomor 3)
  8. Gantilah kunci standar anda agar susah untuk dicuri dengan kunci T, bisa juga dengan kunci seperti ini: 


9. Apabila masuk gigi keras, gantilah per kopling dan pak kopling FU anda. Carilah per kopling yang lebih keras dari per kopling standar FU agar pemakaiannya lebih lama.


Dengan setelan standar di atas saya yakin kalo cuma 110 km/jam pasti tembus. Ingin lebih cepat lagi? Ganti semua sparepart dengan yang racing, knalpot racing, lepas dinamo start, ganti CDI racing, ganti koil racing. Kurang puas juga??? Beli motor balap beneran, Honda CBR 1000RR Fireblade atau Yamaha YZR M1.

MONOSHOCK
Ada pertanyaan di bawah mengenai Monoshock yang lebih bagus tuk dipake? Pertama kita harus tahu karakteristik pemakaian Shock. Monoshock itu terdiri dari dua bagian utama yaitu shock arbsorber dan suspension (per). Untuk kenyamanan kita perlu monoshock yang lembut, agar ketika kita berjalan di jalan yang bergelombang, tidak rata, ayunan motor tidak keras, pantat kita tidak terasa dibanting-banting ke jok motor. Tetapi shock yang lembut ini tidak cocok untuk kecepatan tinggi di jalan mulus. Shock yang lembut cenderung membanting/mengayun pada saat berbelok atau mengerem dengan kecepatan tinggi, ban menjadi tidak lengket ke aspal. Pada dasarnya, shock merek apapun (lebih bagus yang bisa disetel) patut dicoba untuk menggantikan shock standar Satria FU. Shock standar Satria FU ini terlalu lembut untuk kebut-kebutan sehingga cenderung mengayun ketika mengerem dan berbelok. Kalo yang sering dipakai oleh bikers pengguna FU adalah Shock YSS ME302-285T di bawah ini, harganya ± 1,5 juta.


CAMSHAFT DRIVE CHAIN

Camshaft Drive Chain = Rantai Klep = Rantai Keteng = Kamprat Motor



Ada satu lagi pertanyaan mengenai bunyi-bunyian di mesin, seperti yang sudah saya bahas di atas mengenai kelemahan Satria FU, apabila ada bunyi tek tek tek tek di kiri mesin seirama dengan gas berarti rantai klep/ rantai keteng/ camshaft drive chain sudah kendor. Harganya di bengkel resmi Suzuki = Rp. 140.500,-, Biaya pasang = Rp. 40.000,-. Apabila ingin mengganti tensioner adjuster (sebenarnya tidak perlu diganti, kecuali pernya memang sudah benar-benar kendor) = 1) Rp. 70.000,-, 2) Rp.120.000,- 3) Rp. 175.000,- (Thailand),. ada 3 jenis tensioner yang dijual di  bengkel resmi. Biasanya umur rantai klep adalah 1 tahun. Setelah 1 tahun maka akan muncul bunyi tersebut di atas. Berarti waktunya untuk mengganti rantai klep.

Sebenarnya bunyi rantai keteng tersebut bukan hanya kesalahan rantai keteng yang cepat kendor, tetapi juga Tensioner Adjuster yang terlalu lembut dan pendek, sehingga umurnya juga pendek. Apabila tensioner tersebut lebih panjang maka rantai keteng tersebut akan berumur panjang alias tidak cepat berisik.

Saya baru menemukan sebuah artikel di internet tentang Tensioner modifikasi:
tensioner modifikasi

Ini ide yang bagus, tensioner lebih panjang sehingga umur rantai keteng dan tensioner lebih lama. Batang penekan berisi per di tengah tensioner diganti dengan mur panjang. Kekurangannya hanya kita harus mengencangkan sendiri apabila rantai keteng sudah berbunyi karena tidak ada per seperti tensioner asli. Ingat~> apabila anda menggunakan tensioner seperti di atas..JANGAN TERLALU KENCANG MUR-NYA... karena akan menghambat putaran rantai keteng. Oh iya lupa... tensioner modifikasi ini gak ada jualannya di toko, buat sendiri aja, gampang atau bawa ke tukang bubut minta dibuatin yang bagus.

Catatan: Fungsi tensioner adjuster adalah mengencangkan rantai keteng dengan cara menekan batang tensioner dengan per. 

cara kerja tensioner

Bisa dilihat beda panjang tensioner dengan panjang mur. Mur lebih panjang sehingga bisa digunakan lebih lama untuk mengencangkan rantai keteng.

CAMSHAFT / VALVE



C D I
Saya mendapat pertanyaan mengenai setting CDI Rextor. CDI Rextor ini diperuntukkan untuk balap. Harganya ± 1,5 juta.  Saran saya, sebaiknya pemasangan dan setting CDI ini diserahkan kepada mekanik yang telah berpengalaman dan ahli. Karena kesalahan dalam pemasangan dan settingan berakibat tidak ada perubahan terhadap kinerja mesin, malahan penurunan performa. Untuk memasang dan mensetting CDI ini perlu pengukuran dan test periodik. Berikut saya tampilkan manual CDI Rextor. 


Oli Mesin

Contoh :
SAE 10W - 40

10 = Viskositas pada suhu -17,8° C
W = Winter (musim dingin)
40 = Viskositas pada suhu 100° C

Viskositas merupakan pengukuran dari ketahanan fluida yang diubah baik dengan tekanan maupun tegangan.
Air lebih encer dari madu. Berarti viskositas air lebih kecil daripada madu. Semakin kental berarti semakin besar viskositas. 

Pada suhu tinggi, oli mengencer. Ketika oli terlalu encer, fungsi pelumasannya hilang. Tetapi Oli yang kental menghambat gerakan crankshaft pada saat mesin dingin/ saat mau distart.

Lihat angka pertama~> 10 = semakin kecil angka ini berarti viskositas pada suhu dingin semakin kecil. Viskositas kecil berarti lebih encer pada suhu dingin dan berarti lebih mudah distart. 

w = winter ~> penggunaan musim dingin (tidak berpengaruh di Indonesia)

Lihat angka kedua~>40 = semakin besar angka ini berarti viskositas pada suhu panas/mesin operasional, semakin besar. Karena oli mengencer pada suhu tinggi maka semakin besar angka ini semakin bagus agar oli tidak terlalu encer pada suhu tinggi. Tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk mesin racing, karena mesin racing beroperasi pada RPM tinggi dengan suhu tinggi. Pada mesin standar cukup viskositas sedang = 40.

Kesimpulan:
Motor Racing gunakan oli mesin SAE 20W-50,15W-50
Motor semi Racing gunakan oli mesin SAE 20W-40, 15W-40
Motor Standar gunakan oli mesin SAE 10W-40

Apabila Satria FU anda masih standar, cukup gunakan oli mesin SAE 10W-40, apabila sistem pengapian dan pembuangan sudah dimodifikasi (CDI, Coil, Busi, Knalpot~>Racing), gunakan SAE 15W-40, 20W-40 atau 15W-50. Apabila mesin sudah dimodifikasi total untuk balap/racing, gunakan oli SAE 20W-50. 

Ada pertanyaan di bawah dari Saudara Christian mengenai "Oli yang benar-benar untuk Suzuki Satria FU". Jawabannya simpel, ikuti saja rekomendasi pabrikan Suzuki untuk menggunakan Oli Mesin Suzuki Genuine Oil (SGO) 4T 20W-50 SG MA, gambarnya dibawah ini:


Ada banyak pertanyaan mengenai merek dan jenis oli mesin. Bukannya saya tidak mau menjawabnya tapi sama saja saya mengiklankan merek tersebut. Dan saya tidak mendapat apa-apa dari iklan gratis itu ^^ wkwkwkwk... Berikut beberapa oli yang saya sarankan silahkan pilih sendiri.:

Shell Advance Ultra 4T 15W-50

Motul 7100 4T 20W-50
Castrol Power 1 Racing atw Power 1 4T 15W-50


Transmisi

Transmisi Satria FU berjenis Sliding Mesh, jadi pergantian transmisi dengan slide (geser) dari gear transmisi.

1. countershaft
3. gear, 2nd drive
4. gear, 3th 4th drive
6. gear, 5th drive
7. gear, 6th drive
13. gear, 1th driven
15. gear, 2th driven
16. gear, 3th driven
17. gear, 4th driven
18. gear, 5th driven
20. gear, 6th driven
32. sprocket, engine (gear sprocket depan)
35. chain assy (rantai motor)


Karburator



Banyak sekali pertanyaan di bawah mengenai Pilot Jet & Main Jet. Simpel aja, ganti Pilot Jet ke 15 atau 17,5 dan Main Jet gak usah diganti. Kemudian setel ulang angin & bensin karburator. Di atas adalah gambar karburator FU dan rincian spare part-nya.

Fungsi Jet Needle & Needle Jet
Jet Needle (jarum skep) dan Needle Jet dalam karburator, dari kiri ke kanan menunjukkan gas lamsam (idle), gas 1/4 dan gas penuh. 
perhatikan lubang halus pada Needle Jet Karburator
Jet Needle/Jarum skep


Selanjutnya Jet Needle dan Needle Jet tersebut kita sebut Jet saja. Jet tersebut adalah bagian dari karburator yang berfungsi mengalirkan bahan bakar untuk dicampur dengan udara bertekanan. Pada gambar Jet paling atas arah aliran bahan bakar adalah dari atas ke bawah. Apa fungsi Jet Needle? mengatur volume bahan bakar yang dialirkan. Fungsi lubang halus pada Needle Jet adalah mengubah bahan bakar menjadi kabut. 

Chain & Sprocket Gear (Rantai dan Gear)


 Sprocket Gear Sinnob Premium untuk Suzuki FU

Chain tensioner/ pengencang rantai, ini berguna untuk mengurangi bunyi-bunyi di rantai karena berbenturan dengan garpu belakang, selain model seperti gambar di atas, masih banyak jenis chain tensioner lain yang ada di pasaran, yang penting per/pegasnya kuat agar berfungsi maksimal mengencangkan rantai sproket.


contoh pengencang rantai/chain tensioner


contoh pengencang rantai/chain tensioner

Tips: untuk pemasangan Chain Tensioner sedapat mungkin di tengah bentangan rantai, agar fungsinya maksimal mengencangkan rantai.

Komstir


Masalah ini baru saja saya temukan di FU saya. Saya sering berkendara jauh melintasi jalan jelek berlubang. Kadang saya tidak sempat mengelakkan lubang yang cukup besar di jalan karena terlalu ngebut. Lama-lama saya perhatikan ada perubahan di setang yaitu berbunyi "pletak" ketika mengerem kejut atau ngegas kejut. Awalnya tidak saya hiraukan tapi mengganggu juga & bikin khawatir bakal tambah parah. Saya coba cari di mur-mur setang apakah ada yang kendor, ternyata tidak ada??? 

Sekarang saya tahu sumber masalahnya yaitu Komstir oblag, komstir ini berada di dalam steering stem berbentuk seperti kelahar yang bisa dibuka. Terdiri dari dua bagian, atas & bawah. Masalah bunyi-bunyian terjadi karena gemuk (grease) habis/ kurang dan atau bola kelahar karat/pecah.
Nih gambar tekniknya:

Bisa dilihat nomor 11 adalah bola kelahar, 13 adalah lingkaran kelahar bawah, 12 adalah lingkaran kelahar atas, 10 adalah tutup kelahar.


Raider, Adik Satria FU



Rencana Suzuki menghadirkan model anyar yang diplot sebagai 'adik' bebek underbone Satria FU mulai sedikit terkuak.

Motor itu lebih dulu berada di pasar Filipina. Dari segi tampang identik dengan sang kakak Suzuki Satria F150, terutama bagian batok kepala dan setang jepit.

Meski secara fisik hampir sama, tapi dari spesifikasi mesin beda. Motor yang diberinama Raider J115Fi, mesinnya lebih kecil, sama dengan skutik Shooter. 

Satria FU kapasitas mesinnya 150cc, Raider J115Fi bermesin 115cc dan sudah mengaplikasi sistem pangkabutan bahan bakar injeksi.

Perbedaan lainnya, Raider J115Fi menggunakan suspensi ganda, tidak seperti Satria F150 yang menggunakan monoshock. Menurut Suzuki, Raider terinspirasi dari garis motor sport GSX-R. 

Raider memiliki dimensi panjang 1.910 mm, lebar 670 mm, tinggi 1.000 mm, wheelbase 1.220 mm dan ground clearance145 mm.

Untuk jantung pacunya, dibekali mesin 113cc 4-stroke, SOHC, dua katup--sama dengan skutik Shooter, bertenaga 9,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak 9,1 Nm di 6.000 rpm.

Kabarnya motor ini bakal diluncurkan di pasar motor Tanah Air tahun depan. Namun, belum dipastikan kapan waktu peluncurannya.

220 komentar:

  1. sebagai tambahan info:
    Pilot Jet berfungsi utk RPM rendah dan Main Jet berfungsi utk RPM tinggi,
    apabila mesin susah hidup saat dingin, mesin ngempos ketika distart sambil digas, hilang tenaga di RPM rendah, berarti naikan Pilot Jet anda,
    apabila Mesin jadi mberebet (mesin seperti bertenaga, tetapi lambat) ketika RPM rendah, mudah mati ketika RPM rendah, berarti Pilot Jet kebesaran.

    BalasHapus
  2. bro pengen nyeperin motor fu ane,biar stabil lok ngebut :D.. kira2 monoshock belakang diganti shock mx cocok gk ya, atau mungkin ada masukan dari mas hardy, thanks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja dulu bro... monoshock Jupiter kan bisa disetel.. setel agak keras biar gak mbanting kalo ngerem atw nikung..yg pasti monoshock Jupiter MX lebih enak tuk ngebut drpd shock aseli FU. Tp cek dulu batangan stainless shock absorber jangan ada lecet sedikitpun, karena akan menyebabkan seal bocor dan rusak. Kalo mo yg bagus sih pake YSS MONO ME302-285T... tp mahal bro..1,5 jt..

      Hapus
  3. Keluhan :
    -awalnya kehujanan trus mesin brebet
    -urusan brebet kelar,giliran bensin keluar dari lubang buang
    -setelah teratasi (bensin ngelotor),kini giliran susah hidup disaat lama ga kepake / saat mesin dingin....kalo ud nyala,seperti bensin telat (brebet n kasar)...ud di cek (karet vacum,intake manifol tidak ada kendala)
    .
    .
    .
    Ampe sekarang mangkrak krn susah banget bwt hidup...apalagi saat mesin dingin.....kacuali saat mesin dipaksa hidup n ud anget (itu-pun kaga enak).....Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saya analisa dulu:

      kehujanan trus mesin brebet :
      tutup mesin kiri & kanan tdk dipasang? mungkin busi basah? atw saringan udara basah? dasar dari pembakaran mesin adalah ada api dari busi + ada campuran udara/bensin dari karburator.

      bensin keluar dr lubang buang:
      maksudnya lubang buang karburator kan? itu terjadi karena pelampung karburator macet, mungkin pada saat anda membuka karburator ada kotoran yg nyangkut di jarum pelampung sehingga tdk berfungsi. buka kembali karburator dan bersihkan sebersih mungkin dan jgn sampe ada kotoran masuk pada saat memasang kembali

      susah hidup saat mesin dingin dan seperti bensin telat stelah nyala:
      ini masalah trjadi di semua FU, sperti saran saya di atas 1)perbesar pilot jet karburator,
      2)saat start jgn digas!
      3)ganti oli yg SAE 15W-50
      4)saringan udara harus slalu kering & bersih
      5)cek busi, kalo kotor bersihkan atw ganti
      6)coba pake pertamax (tp resikonya bikin kantong bolong..hehehe)
      7)kalo ada bunyi tek tek tek seirama gas di sebelah kiri mesin brarti saatnya ganti rantai klep /camshaft drive chain.

      Hapus
  4. wuih si om analisa dan penjelasannya mantap, kebetulan baru beli ayam jago 3hari lalu (hasil patungan sm bapak), kendala yang dihadapi susah hidup pas pagi hari (lebih dari 10x selah, distarter pun tetep ga nyala,cukpun sudah dibuka namun tetap sama,saya maklum dengan hal ini karena beberapa teman juga mengalami hal serupa) sekitar 15menitan baru nyala setelah diselah berulang2. Om kalo handler kirinya/saklar lampunya diganti sama fu yg lama (yg ada switch lampunya) itu plug n play alias tinggal pasang ato ada yang dirubah? Oya om udah denger gosip tentang fu injeksi belum? oya om gosipnya lagi suzuki mau ngeluarin varian baru diantara fu dan axelo,motor apakah itu? Trims om udah mau sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pujiannya.. ambil kembaliannya deh...
      *masalah susah hidup emang terjadi di semua FU apabila motor jarang dipake atau masih baru, susah bgt hidupnya.!!. bisa diatasi dengan memperbesar pilot jet atau kalo sayang bongkar karbu, panasi aja setiap pagi, & jgn lupa --> saat start jgn di gas krn gak bakalan hidup,. tips penting lainnya--> pake oli mesin SAE 15-50W,
      *utk handler kiri bisa dipasang yg lama, gak ada yg dirubah, yg penting kabel lampunya jangan salah pasang ke saklar,, ntar terbalik lampunya...tes dulu..
      *FU injeksi? belum denger tuh? bisa aja sih.. tp harga FU akan lebih mahal sekitar 1,5-2 jt...
      *Varian baru antara FU dan Axelo? belum dgr jg tuh? axelo 125 cc dan FU 150 cc berarti ditengah2nya 135 cc dong?? hehehe. yg baru dikeluarkan Suzuki Indonesia adalah motor gede Suzuki Inazuma 250 cc.

      Hapus
  5. trims om atas responnya. Kalo soal ganti mj dan pj sepertinya itu belum kepikiran msh sayang. paling cuma pengen ganti footstep underbone sama ganti ban tubless+naikin size nya 1 tingkat. Oya om soal naikin size ban,temen pake vixi dan bannya digedein semua+ganti velg lebar hasilnya tarikan bawah ngeden (bahasa tepatnya apa ya) apa harus dibarengi dengan ganti ukuran sproket?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ban lebih besar tentunya lebih berat... begitu jg velg yg lebih lebar...
      *kalo bisa pake velg jari-jari atau velg racing alumunium alloy karena lebih ringan.
      *mengganti rasio sproket akan memperingan mesin pada tarikan bawah dengan cara memperkecil gear depan dan/atau memperbesar gear belakang. tapi jangan terlalu jauh/ekstrim perubahannya karena berpengaruh pada tarikan atas.. top speed akan lebih rendah drpd sebelumnya..
      *tarikan atas = RPM tinggi -> kecepatan tinggi seperti pada motor roadrace
      *tarikan bawah = RPM rendah -> torsi/daya besar, seperti pada motor trail

      Hapus
  6. Mas klo shock belakang motor vixion dipakai dapat gk mas ....... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa.. coba cari monoshock untuk motor bebek, biasanya klop..

      Hapus
  7. Balasan
    1. gak bisa.. coba cari monoshock untuk motor bebek, biasanya klop..

      Hapus
  8. bang, ane ikut nanya
    fu ane kamrad-nya berisik bang, udah ane stelin bolak balik tapi abis pake rame lagi. apa perlu ane ganti kamrad-nya? kalo cuma berisik aja ane masih bisa sabar&tawakkal, masalahnya ya tiap kondisinya begitu tarikan gasnya juga ikutan ga enak bang, akselerasinya jadi kacrut, itu aja yang bikin kepala ane pening sariawan bibir pecah2 belakangan. trimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu diganti. Namanya kalo dibengkel resmi suzuki = camshaft drive chain, Harganya = Rp. 140.500,-, Biaya pasang = Rp. 40.000,-

      Hapus
    2. terimakasih banyak,
      tapi apa bisa jamin kalo ntar ganti, mesinnya gak berisik lagi?
      ane cerita sekalian deh, mudah2an sampean mau mendengarkan hehe
      ane pake fu sejak bulan september tahun lalu, jadi umur udah setaon lebih. motor jarang ane pake bang, kadang juga nganggur bisa sampe seminggu kalo ane tinggal pulang kampung. hampir2 setaon itu mesin mulai berisik, trus ane bawa bengkel distelin tensionernya, ya intinya hampir setaon umur motor nyampe sekarang sering adjuster bermasalah, udah sering stel ulang, tapi ada yang bilang kalo dulu nyetelnya kekencengen jadi kamradnya yang kena jadi harus ganti, masih bisa distel cuma ya itu bentar2 bunyi lagi. terimakasih banyak atas waktunya bales pertanyaan ane.

      Hapus
    3. gue jamin kalo diganti gak berisik lagi... masalah yg sama di semua FU -> kamrad mudah kendor... tensioner adjuster itu sebenarnya gak bisa disetel (isinya cuma per utk mengencangkan kamrad)... mekanik cuma mengencangkan pernya sehingga lebih kuat mendorong kamrad tidak kendor dan bunyi tek tek tek...

      Hapus
    4. oh iya... gue kasih tips buat elo kalo blm pengen ganti kamrad... lo buka tensioner adjuster... lepas pernya... ganti dgn per ukuran sama tp yang lebih keras.. maka kamrad tdk berisik lg (tp gak bertahan lama)...

      Hapus
    5. trimakasih tipsnya bang hardy.
      masalah lagi, porsnel nya jadi alot bang, gimana noh, buat nambah gigi harus ane genjot kenceng buat netralin parah lagi.
      ane masih pake oli standar suzuki, ada tips lagi ga?
      kalo berkenan silahkan bang bagi2 tips biar tarikannya enak tanpa harus keluar tabungan banyak, ane belum pengalaman.

      Hapus
    6. maksudnya tuas persneling keras? apakah motornya pernah jatuh & tuas persneling bengkok?

      Hapus
    7. ada satu lg tips buat anda utk berhemat kamrad & tensioner yaitu buat tensioner modifikasi seperti gambar di atas. (gak ada jualannya di toko). Kalo kamrad kendor dan bunyi tinggal kencangkan mur-nya. Murah, hemat & tahan lama.

      Hapus
  9. Bang... FU ane kan masi standart nih..mw nanya, kalo ganti karbu PE 28 Pilot jet sama main jetnya kira" spesifikasi( ngebut-ngebut)yg bagus buat karbunya apa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Karbu Keihin PE 28, bawaan Honda NSR. pake Pilot Jet = 38, Main Jet = 112 ... jangan lupa disetel angin karbu sampe pas..

      Hapus
  10. mas ane punya FU..
    masalah nya pada saat mesin dingin sauara nya halus banget mas..
    tapi di saat mesin panas suara malah jadi kasar..
    melebihi suara knalpot standard..
    kalo saya dnger sich suaranya dari head gitu..
    tapi saya gag tau apa nya yg bermasalah..

    mohon bantuan nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila anda lihat gambar mesin FU di atas... Head adalah posisi dari valve / klep... coba disetel ulang valve/ klepnya...

      Hapus
  11. bro, untuk CS 1. Tapi bukan untuk menjadi CS1 Ayam Jago ( Depan jadi kayak FU ) Maunya utk pake Stang Jepit. Itu Shock yng dipake apa ya ? kyk gambar ini ( http://motor-dan-sekuter.tokobagus.com/lain-lain/stang-jepit-cs1-6203311.html ) Mohon pencerahan gan. oiya sdh sy follow blognya. silahkan mampir ke blog sy gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. shock tetap standar ... tetapi ganti segitiga setang aseli dengan segitiga setang untuk setang jepit..

      Hapus
  12. om ane mau tanya soal oli untuk FU,,kebanyakan temen2 yang pake FU menggunakan oli yang SAE 10-40..
    nah ane mau tanya niih om SAE 10-40 dibandingkan dengan SAE 15-50 dan SAE 20-50 enakan yang mana om??
    jelebihan dan kekurangannya kalo bisa di jabarkan om..
    terima kasih banyak kalo udah mau jawab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jelaskan sedikit:
      contoh SAE 10W - 40
      10 = viskositas pd suhu -17,8 C
      W = winter (musim dingin)
      40 = viskositas pd suhu 100 C
      viskositas = kemampuan zat cair untuk berubah bentuk ketika berbenturan ~> encer = viskositas rendah
      pada saat start mesin dingin~>lihat angka pertama~>semakin kecil semakin mudah start mesin dingin
      pada saat operasional mesin panas ~> lihat angka kedua ~> lebih besar lebih bagus untuk mesin. (krn oli mengencer ketika panas tinggi, viskositas hrs besar agar oli tdk terlalu encer dan mengakibatkan fungsi pelumasan hilang~>mesin rusak)

      KESIMPULAN :
      utk motor racing gunakan 20W-50 atw 15W-50
      utk motor semi racing gunakan 15W-50
      utk motor harian gunakan 5W-30, 10W-30, 10W-40

      Hapus
    2. thx ya om atas masukannya..
      kebetulan om ane beli yang multipower SAE 20-50 soalnya di tempat ane yang ester susah di cari..
      sebelumnya ane pake helix 15-50..koq pas pake multipower jadi berat ya om tarikannya..
      oh ya om helix banyak yang bilang buat mobil tapi koq ada helix yang 1 liter di bengkel ane banyak yang pake helix buat motor.
      kalo buat mobil harusnya ga 1 liter ya om..berarti itu memang buat motor ya yang 1 liter??

      maaf ya om banyak nanya.. :D

      Hapus
    3. SAE 20W-50 lebih berat dari 15W-50 pada saat start. Panasi motor terlebih dahulu apabila mesin dingin. Shell Helix memang buat mobil, ada yg 1 liter ada yg 4 liter. Buat motor gunakan Shell Advance. Shell Helix digunakan utk motor krn lebih mudah didapat drpd Shell Advance, banyak pilihan SAE, dan ada kemasan 1 liter.

      Hapus
    4. makasih ya mas udah mau bantu jawab pertanyaan dari ane..

      Hapus
  13. bro..motor FU ane tahun 2005...udah bunyi kletek2 kalo pertama nyala...kata mekanik d bengkel resmi suzuki sih katanya rantai keteng dah kudu diganti...tapi ane belom ada waktu n dana...tar efeknya apa ya ke motor kalo smentara ini belom diganti selain suara berisik itu?makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk harga lihat di atas.. saya jelaskan lengkap dan rinci...
      efeknya ke kinerja mesin. Pada RPM rendah, mesin akan tersendat-sendat dikarenakan camshaft drive chain (rantai keteng) kendor sehingga gerakan valve tidak konstan karena ditarik ulur oleh rantai keteng. Pada RPM tinggi tidak terlalu berpengaruh kecuali bunyinya kasar karena gesekan rantai keteng.

      Hapus
    2. ada satu lg tips buat anda utk berhemat rantai keteng & tensioner yaitu buat tensioner modifikasi seperti gambar di atas. (gak ada jualannya di toko). Kalo rantai keteng kendor dan bunyi tinggal kencangkan mur-nya. Murah, hemat & tahan lama.

      Hapus
  14. bro klo mau ganti gear yg cocok buat fu agar napasnya panjang ukuran brp ya ? tolong sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gear belakang turunkan satu atw dua tingkat dr 43 ke 42/41. gear depan naikkan 1 tingkat dr 14 ke 15. Jangan lupa pertimbangkan tenaga mesin. Apabila motor masih standar~>cukup turunkan gear belakang 1 tingkat jd 42, rasio sprocket jgn terlalu ekstrim krn motor akan kehilangan tenaga & tarikannya pelan, kecuali motor anda sudah dimodifikasi tuk racing.

      Hapus
    2. okeeee terima kasih bro

      Hapus
  15. oh iya klo cari gear ukuran 42 susah gak bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung domisili anda, krn skrg udah banyak sprocket buatan dlm negeri. apabila susah cari 42 bisa 41..

      Hapus
    2. okeee gan, berarti gear kecilnya ukuran 15 juga ya klo gear belakang 41 ?

      Hapus
    3. ya. jangan lupa dites dulu di track lurus & kosong, apakah top speednya naik atw tarikannya berat.

      Hapus
  16. assalamuailikum mas hardy: saya pengguna satria fu baru saya mau tnya gan knp yh msin motor saya cpet panas padahal oli nya dah 10w-40
    kebetulan ane motor baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake oli sintetik SAE 15W-50, saran saya Shell Advance. Jgn lupa diganti min. 1 bln sekali.

      Hapus
    2. oh ya kalo FU baru jangan dibawa ngebut dulu sebelum 5000 km. Mesin motor perlu beradaptasi dulu dengan kondisi operasional

      Hapus
    3. Malam agan Hardy,,tahnks seblomnya uda mo sharing..
      waduh,,fu saya baru 2 minggu umurnya,,std se masih,,cuma velg aja yang baru di ganti sama TK ring..sudah ditembus di angka 9 an rpm nya awal datang,,untuk kedepannya apa ada pengaruh gan,,khususnya bagi mesin..soalnya disini mitos teman2,,motor baru harus ditest biar duduk,,

      Hapus
  17. Permisi mas,,
    kmren Fu saya , di tarik gas nya trus RPM nya udah smpe 9 bkn nya di naekin gigi nya ini malah di turunin,, hahaha,,
    RPM nya langsung melonjak jadi 13
    ini brpengaruh sama mesin apa enggak mas, saya takut turun mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat turun dari gigi berapa ke berapa RPM itu naik? apakah dr gigi 5 ke gigi 4? coba dites lg pergantian gigi tsb naik dan turun (pelan saja), apakah ada bunyi atw keras atw los saja. Kemungkinan terburuk adalah gear persneling patah atw gompel atw hanya lecet saja. Kalau tidak ada yg aneh saat pergantian gigi brarti tdk apa2.

      Hapus
    2. ow,,
      oke dehh mass..
      besok saya coba
      Doakan supaya gak knapa" ya mas

      Hapus
    3. kyk'a kmren dari gigi 3 ke gigi 2 dehhh

      Hapus
    4. hidupkan motor gigi netral... dengarkan bunyi mesin...kemudian coba tes dr gigi 1 ke 2 dan dr gigi 3 ke 2 (slow saja)...

      apabila tdk ada bunyi yg aneh, perpindahan gigi normal, jalannya normal, sama seperti sebelumnya brarti tdk apa2.

      oh iya... jgn lupa langsung ganti oli... lihat oli bekasnya.. disitu bisa kita lihat hasil tumbukan persneling pd RPM tinggi.. kalo tdk ada bekas atw hanya sedikit berarti tdk apa2..

      Hapus
  18. nanya mas,ane newbie FU nich...
    gmana y mas caranya supaya rante keteng di FU bisa lebih tahan lama..mungkin dr sisi ridingnya,atau olinya atau yg lainnya mas? trus sesuai pengalaman mas, gear depan-belakang buat FU yg paling awet apa y mas? cz di motor sy kayaknya yg sering ganti duluan malah gear2nya...trims jawabanya,
    salam penyamplak FU ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya rantai keteng lebih awet:
      1. jangan sering memainkan gas/ menggeber2 gas
      2. sering2 ganti oli min. 1 bln skali
      3. panasi motor di pagi hari skitar 1-2 mnt saja, jgn digas
      4. selain di rantai keteng, kelemahannya jg di tensioner, krn tensioner terlalu pendek jd rantai keteng cepat berbunyi, skrg sudah ada tensioner modifikasi dgn pendorong batang tensioner adalah baut bkn per (lihat gambar diatas). Kelemahannya cuma anda harus mengencangkan sendiri kalo rantai keteng sudah berbunyi.

      Ingat ~> cara nomor 1 - 3 hanya membuat rantai keteng bertahan sedikit lebih lama, karena desain rantai keteng Satria FU sendiri tidak sempurna, terlalu panjang, jauh dari pompa oli, dan banyak sudut

      untuk gear sprocket Coba anda pake Sprocket Gear Sinnob. harganya 340 rb per set., yang penting rantai rajin disemprot chain lube (pelumas rantai). Oh ..iya... pasang chain tensioner di garpu belakang agar rantai tidak terlalu cepat kendor.

      Hapus
  19. Salam kenal Mas Bro.
    Ane mu naya motor fu ane kayak kluar bunyi siulan..
    kayak orang kena asma,, ane malah gk PD bawa ni motor kayak motor penyakitan.
    yang ane tanya.. tu bunyi dari mana..
    trus apa yang harus ane lakukan biyar penyakit motor ane ilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyi siulan? angin donk... dimana? cek selang karburator ke saringan udara, clampnya jg, ada bocorkah atw kendor, cek jg selang 2nd air valve di cylinder head, adakah bocor atw kendor, intinya ada kebocoran antara karburator, saringan udara dan 2nd air valve.

      Hapus
  20. Kira kira bunyi itu ngefek gk ya Mas Brow ke mesin motor apa yng lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berpengaruh, walau gak trlalu, krn ada udara yg masuk tanpa lewat saringan udara, debu & kotoran bisa masuk ke karburator & trus ke ruang pembakaran (bila bocornya di selang udara karbu), tp bila bocornya di tpt laen gak ada masalah

      Hapus
  21. motor gua baru beli 2 th,,tpi udah turun mesin. . .
    tapi tak apalah,,saya masih suka fu,,karena cewe" pada bilang i love u...
    emang klepnya fu cpet bengkok. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 thn klepnya bengkok?? hmm.... (gak bisa komen)

      Hapus
  22. bro klo karbu standar fu pj sama mjnya berapa ya biar tarikannya enak dan pas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup ganti pilot jet ke 17,5 & main jet gak perlu diganti

      Hapus
  23. beh, motor saya jupiter z th 2008, kok mesinnya cepet banget panas ? kenapa ya beh... apa salah olinya beh, oli saya enduro racing, tolong sarannya beh. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang paham jupiter z, tp coba setel ulang klepnya & ganti olinya ke Shell Helix 15W-50. Apabila masih cepet panas, bawa aja ke bengkel Yamaha.

      Hapus
  24. ane mau tanya nih. ane punya fu yang 2012 dari pertama beli tu head cilinder udah bunyi tek tek tek?, di rpm 2000 kalo gak benr bener panas rasanya mbrebet? tru, soal handler nih buat lampu bisa diganti tinggal pasang kan tanpa ngerubah? denger denger CDInya si FU 2012 Beda sama yang lama? jadi takut mau ganti CDI yang racing....
    bang sory banyak banget pertanyaannya. soalnya FU punya ane janggal banget.
    tapi sebelumnya sam terima kasih bang hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kalo dr prtama beli udah bunyi seharusnya anda kembalikan & tukar
      2. di RPM 2000 bunyi mbrebet ganti saja Pilot Jet Karburator ke 17,5
      3. Handler tinggal pasang tanpa merubah
      4. CDI ganti saja yg racing tdk ada masalah krn fungsi dasar smua CDI sama kecuali settingan yg berbeda

      Hapus
  25. bang saya mau nanya, klo settingan karbu yg enak dan pas pj ma mjnya berapa ? karbunya masih standar, tapi knalpotnya elmer yg racing, mohon sarannya bang, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilot Jet 17,5 .. Main Jet gak usah diganti, setel ulang angin & bensin karbu..

      Hapus
    2. Makasih banyak bang

      Hapus
  26. Bang Hardy, saya mau tanya.
    Saya punya FU udah sebulan ini, ada yg ganjel nih. Mesin FU saya kalo masih dingin/belum dibawa jalan, suaranya adem ayem. eh giliran udah panas/abis dibawa jalan, suaranya jd kasar. seirama tarikan gas.. kalo saya perhatiin, suaranya muncul dari sebelah kanan head. (banyak yg bilang karena tensioner tapi tensioner adanya di sebelah kiri. atau kuping saya aja ya yg ngaco?hahaha..)
    mohon pencerahannya, bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelah kanan head, kemungkinannya adalah selang atau clamp PAIR (pulsed secondary air injection = 2nd air valve) bocor. Tutup saja krn tdk perlu.

      Hapus
  27. bang mau nanya, fu saya sering bunyi tek tek tek saat mesin panas tapi nggak seirama sama gas apa tensionerny, tapi nggak seirama sama gas. terus kalau di biarkan apa pengaruh sama mesin bang. mohon bantuannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bukan tensioner brarti pemuaian mesin.. ganti oli anda 15W-50 krn oli skrg trlalu panas.. cek mur & baut di mesin & knalpot.

      Hapus
    2. Contonya oli apa bang yang bagus, kal pemuaian itu bisa d atasi nggak bang.

      Hapus
    3. shell enak bang.. yg 15W-50..

      Hapus
  28. bang mau nanya fu ane shock depannya kok keluar oli itu seal nya atau apanya?soalnya jarang pakai dan sohknya agak kropos gmn solusinya?

    dan mengenai bbm kalo di oplos pke premium prtmax gmn bang dampaknya gmn?
    trimss

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek batang stainless shock.. adakah lecet? kalo lecet harus ganti shock.. kalo tidak lecet cukup ganti sealnya aja... bawa ke bengkel yg ahli..
      shock agak keropos maksudnya?? shock tdk mungkin keropos krn anti karat.. kalo lecet lain hal.
      oplos premium pertamax? gak masalah.. tp buat apa beli pertamax mahal2 kalo mau dioplos?? gak ada gunanya buat mesin..beli premium aja yg murah... kalo mau pertamaxnya berfungsi maksimal buat mesin harus pertamax murni gak ada campuran.. kalo perlu kuras dulu tangki bensin...

      Hapus
  29. bang mau nanya..
    bnyak keluhan ni FU saya thn 2012 bln9..
    oli mesin yg bagus apa ?
    saya pake enduro racing..
    pngn ganti ke shell 10w-40 bisa kan? enak apa engga?
    trus suara mesin kasar bnget.. saya denger suara mtr temen di gass suara karbu doang..
    tpi motor saya suara mesin berisik..
    suara tek tek tek paling malas saya dengar..
    suka meledak kenalpot nya padahal standar.. kaya mio gtu suka meledak knalpot nya..
    oper gigi keras apa lagi kalo mau di netral suah beuud..
    sekian terimakasih bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. bisa ganti oli, tp oli lama hrs benar-benar habis dibuang, jd buanglah oli lama saat mesin panas dan semprot lubang pengisian oli dgn kompresor angin.
      2. suara mesin FU memang lebih kasar dr motor lain.
      3. suara tek tek coba cek rantai keteng /camshaft chain atw buat pengencang rantai modifikasi seperti contoh diatas
      4. knalpot meledak, tutup saja PAIR/ 2nd air valve, posisinya di atas head cylinder sebelah kanan (bawa ke mekanik berpengalaman bila anda kurang paham)
      5. oper gigi keras, pernahkan motor anda jatuh ke kiri & pijakan gigi membentur dgn keras? (berpengaruh jg ke transmisi di dalam krn transmisi FU berjenis slide jd mudah bergeser)

      Hapus
  30. bang mau tanya kenapa ya fu saya saat pertama di panasi bunyi mesin tek tek sama klek klek tapi gak seirama sama gas. kalau udah pnas bunyi mesin normal lagi bang, terus kalau di gebeer di jalan suara mesin ksar banget apa memang gitu ya bang. mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyi tsb normal, jd tergantung oli dan volumenya. FU pake oli 1 liter, jd jgn yg 0,8. kalo mau bunyi ilang saat start gunakan oli SAE 10W-40, tp berisik saat ngebut, atw pake yg 20W-50 atw 15W-50, agak kasar saat start tp halus saat ngebut. & satu hal lg, setiap jenis oli berbeda karakteristiknya walaupun SAE sama,. Coba ganti oli anda sampe ketemu yg cocok menurut anda.

      Hapus
  31. [ask] tlg dong ak blm mudeng ttg SAE contoh: 10w-40, 10 adalah saat oli dingin (encer) 40 adalah nilai viskositas saat suhu operational(mengental), tp kok di katakan oli akan mengencer kalau panas?? Maksutnya gmana bro..msh blm mudeng ak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. angka pertama & kedua beda sama sekali.. jd 10W-40 maksudnya bukan oli encer pd suhu -17,8 dan mengental pd suhu 100, perbandingannya hrs angka pertama dgn angka pertama atw kedua dgn kedua pd SAE yg berbeda.

      mis.
      10W-40 dengan 15W-50
      10 lebih encer dr 15 pd suhu -17,8 C
      40 lebih encer dr 50 pd suhu 100 C

      oli pasti mengencer pd suhu tinggi, dan ketika suhu melewati 100 maka oli dgn SAE 40 lebih cepat kehilangan daya pelumasannya drpd SAE 50 krn SAE 40 lebih encer pd suhu tsb. pd motor racing, mesin menjadi sangat panas krn RPM tinggi dan operasional yg lama (puluhan lap)

      yg mengeluarkan standar tsb adalah SAE

      Hapus
  32. bang klo oli enduro racing ya 20w-50 bagus ga buat fu ? mesinnya masih standar bang,tolong pencerahannya bang, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus, tp agak susah start, panasi dulu mesin kalo baru start saat mesin dingin.

      Hapus
  33. bang oli yg bagus buat satria fu app yah ? soal'a sya pke enduro racing 10w-40 berisik + cepet panas ksian fu saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake oli SAE 15W-50 atau 20W-50, merek terserah anda. Yang paling penting ganti oli secara teratur setiap 1 bulan sekali atau setelah 2000 km (mana yg tercapai duluan).

      Hapus
  34. bang mau tanya fu saya terdengar suara berisik di bagian gear depannya, kira2 penyebabnya apaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berisik di bagian gear depan, kencangkan setelan rantai dan pasang chain tensioner (gambar saya upload di atas).

      Hapus
  35. aku belum pernah mengalami meski, mulai dari dealer 5 2012 (25.000 km) hingga sekarang tidak ada masalah tsb diatas. pemakaian standard BBM PREMIX (Pertamax dan Premium) Oli ganti setiap 2000 km pakai SHELL AX7 10W40 ataw Power 1 10W40. hanya Ban belang saja yg sdh BOTAK. Rantai kerteng masih sama dari dealer, rantai roda juga senyap.... heheeh, Fu ane low profile high productivity ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. FU Stndar holic semau sesuai rekomendasi PAbrikan kecuali merk OLI. safety riding

      Hapus
  36. Mas... saya mau mnta pencerahan dung...
    Saya pk motul ester 5100 10w40, oktan 95...
    Rpm mentok di angka 12 bru gigi 5 gas udah mntok, pindah shift di rpm 11... tarikan enak. Yg jd msalah pindah shift sya ikuti mode power kira² d rpm 9,5..gigi 6 kok jrum rpm cma sampe angka 10 gas udah mntok, pdhl ttp sma prawatanya, ganti oli berjala juga ttp ssuai jadwal engine jg blm ad part yg d ganti. Kira² apa mmng bgitu di mode powee atau ad mslah dg motor ku? Mhon bantuan penjelasanya mas.... trmkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. pada saat motor berjalan, RPM tdk hanya bergantung dgn gas ttp jg beban mesin, kondisi motor anda normal. RPM memang dibatasi oleh CDI dr pabrikan agar mesin tdk hancur krn over RPM, apabila anda ingin menaikkan RPM ganti CDI racing dan setel ulang CDI, valve & karbu.

      2. panel mode tdk berpengaruh ke mesin, hanya penanda saatnya pindah gigi
      mode normal : lampu putih tdk menyala sama sekali
      mode ekonomi : lampu putih menyala pd RPM rendah agar motor hemat
      mode power : lampu putih menyala pd RPM tinggi

      Hapus
    2. Satu lagi mas... tdi iseng² ganti karbu punya ninja rr yg model anyar, karbu asli copotan tuh motor cz ntu mtor jg ganti karbu. Problemnya di pteran atas (skitar rpm 9-10) mbrebet mas ga bisa naek lgi. Kl hrs ganti pilot&main jet nya, ukuran brapa ya mas???
      Tp ya itu mas filter ttep saya pasang knalpot jga standar satria yg thailand.
      Trimakasih mas utk pencerahanya...

      Hapus
    3. Oia mas... apa karbu ninja rr itu kurang afdol di psang d saep ya???
      Jka ia, lantas karbu ap dong mas?

      Hapus
    4. Main Jet = 122
      Pilot Jet = 38
      Karbu Ninja cocok dipasang di FU tp Main Jet & Pilot Jet diganti dan karbu disetel ulang

      Hapus
    5. Sorry mas, lama ga ol ga ad paket uyy... hihi...
      Pilot&main jetnya kitaco boleh ga?

      Maksih mas ganteng... agak byk ptanyaan... cz ga ngerti maenan mesin. Hihi...

      Hapus
    6. Sorry mas, lama ga ol ga ad paket uyy... hihi...
      Pilot&main jetnya kitaco boleh ga?

      Maksih mas ganteng... agak byk ptanyaan... cz ga ngerti maenan mesin. Hihi...

      Hapus
    7. Sorry mas, lama ga ol ga ad paket uyy... hihi...
      Pilot&main jetnya kitaco boleh ga?

      Maksih mas ganteng... agak byk ptanyaan... cz ga ngerti maenan mesin. Hihi...

      Hapus
    8. boleh pilot & main jetnya pake Kitaco.

      Hapus
  37. om,,numpang tanya neehhh....

    klo stang satria f diganti dengan stang trail bsa g ya om..????

    thx bgd om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh,, pake paa om ???? n apa yg musti diganti yaaa.,????

      Hapus
    2. tambah raiser setang, biasa dijual satu set dgn setang trail.

      Hapus
    3. truz segitiga na gmn omm ??? klo mau ganti segitiga,,takutna g cocok sm kunci stangnya...

      Hapus
  38. Pagi pak hardy, sy br ambil fu, rencana mau rombak kecil2an, ada gak pak dampaknya ke mesin kl ganti knalpot racing semacam dbs/r9, kl budget agak lebih kira2 knalpot racing merk apa rekomendasi pak hardy terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. setel ulang karbu saja. knalpot macem2 bisa Yoshimura, CMS atau HMF, TDR, harga jg variasi, kalo barang asli/original bisa 1,5 - 2 jt.Kalo yg kw atau lokal lebih murah, <500 rb-an. Tergantung jg dr bahan, ada yg steel, stainless, carbon, semua beda harga. tergantung kemampuan anda. hati2 sekarang banyak knalpot palsu dgn merek ternama & harga miring .

      Hapus
    2. oh ya...rekomendasi saya Yoshimura Tri Oval Exhaust System utk Suzuki FU.

      Hapus
    3. Terima kasih banyak atas infonya pak

      Hapus
  39. malem masbro, saya mau tanya nih.
    ane punya motor FU tapi ada yang abnormal pada rantenya, rante motor saya kendor tapi kalo bannya diputer 1/2 puteran rantenya jadi kenceng banget, paling keasa ga enaknnya kalo lagi dipake di jalan . itu masalahnya ada dimana ya dan solusinya apa ?
    mohon pencerahannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. apakah mur setelan rantai/anting2 sudah seimbang antara kiri dan kanan? kalo gak rata antara kiri & kanan, setel kembali mur anting2 tsb...
      2. kendorkan kanvas cakram belakang (pad set) dgn obeng minus (caranya dicukit sedikit saja) ...putar roda apakah putaran roda lancar? kalo tdk berarti bkn cakram yg bermasalah.
      3. goyangkan roda belakang kiri dan kanan? apakah bergoyang? kalo goyang ganti kelahar (bearing) roda
      4. apakah garpu belakang (swing arm) motor anda bengkang/ agak bengkok ke kiri atw ke kanan? kalau iya harus dicek ulang mur swing arm & mur monoshock..

      Solusi paling mudah adalah pasang chain tensioner (gambar di atas), jd biarpun setelan rantai anda kendor tdk apa2 krn chain tensioner otomatis mengencangkan rantai anda

      Hapus
    2. o iya gan 1 lagi ,
      kalo ganti pilot jet ke 17,5 harus ganti knalpot racing juga ya ?
      kalo pake knalpot standar bisa ga gan ?

      kalo untuk chain tensioner yang bagus merk apa ya masbrow ?

      makasih aom .

      Hapus
    3. 1. gak perlu ganti knalpot. pake knalpot standar bisa.
      2. chain tensioner apa saja bisa yg penting bantalan rantainya adalah roda karet, per-nya keras dan platnya tebal... Bisa dipakai chain tensioner seperti gambar di atas.

      Hapus
  40. bg hardi, apa benar FU harus pake pertamax gimana klo premium yg di campur metanol, katanya sih oktannya bsa naik, apa benar bg hardi?
    trus ada efek sampingnya gak bagi si FU ?
    mohon pencerahannya bg trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak harus pake pertamax.. premium boleh saja.. ttp pertamax lebih bagus...
      premium yg dicampur metanol tdk bagus untuk mesin. saya belum pernah dengar oktan bisa naik kalo bensin dicampur metanol.

      Jelas Metanol tdk bagus utk mesin krn membuat bensin menjd lebih mudah terbakar tanpa dipicu busi. Efeknya gas tersendat2, bunyi klep tdk beraturan dan tenaga mesin kurang.

      Saya jelaskan sedikit mengenai angka oktan. Oktan adalah standar bahan bakar untuk terbakar ketika kompresi tinggi. Bahan bakar dgn oktan rendah brarti lebih mudah terbakar ketika kompresi tinggi. Apakah itu bagus? TIDAK... bahan bakar yg terbakar sendiri ketika kompresi tinggi tanpa dipercik api busi berarti pembakaran tjd sebelum waktunya. Piston akan kehilangan tenaga krn momentumnya tdk tepat dan ritme klep menjadi tdk teratur. MAKSUDNYA? mesin tenaganya tdk maksimal dan gas menjd tersendat2.

      SARAN: kalo ingin menggunakan pertamax, jgn dicampur dgn bensin, krn akan menyebabkan oktan pertamax tsb tdk berguna. kosongkan dulu tangki bensin dr premium br kemudian isi pertamax, maka pertamax tsb akan terasa performanya. kelemahannya yaa kantongmu bolong krn harga pertamax yg mahal.. gunakan saja ketika mau kebut2an...

      Hapus
  41. mas hardy saya lupa menekan kopling saat pindah gear,, apalagi bila saya baru selesai makai motor bebek biasa, bawaannya lupa klo saya udh make FU si motor kopling,seperti terdengar ada suara yg patah,,(SUDAH 3 KALI)
    ada efek buruknya gak mas bagi si FU?
    mohon pencerahannya yah mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas ada... lihat gambar transmisi di atas... itulah yg bekerja saat pindah gigi... selama masih bisa pindah gigi brarti tdk apa2 & tdk ada yg patah,.. tp jgn terulang terus krn gear transmisi itu bisa aus, gompel atw patah krn benturan keras saat lupa menekan kopling..

      Hapus
  42. mas bsa gak si FU di bikin fuel injeksi..?
    klo bsa di apain tuh ya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, terlalu banyak yg harus diubah dan disetting, perbedaan dasar fuel injeksi dan karbu adalah fuel injeksi menggunakan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar. Pengaturan fuel injektor tsb dilakukan oleh ECU yg mendapat signal informasi dr sensor2 di mesin,. berarti kita harus menanamkan sensor2 tsb agar injektor berfungsi.

      Hapus
  43. Maaf mas ane ikut nanya....
    Ane baru satu minggu beli motor FU,dulu aps pertama motor turun dari dealer mtor ane tdk mngalami kendala,tpi pas sudah satu minggu terdengar bunyi tek tek tek ketika motor ane gas (dalam keadaan jalan),tpi pas motor dlm keadaan berhenti suara itu tidak ada,kira-kira mslhanya apa ya mas,,,,?
    Dan kalao ada msalah dengan mesin kira2 mtor bisa di ganti dengan yang baru gk ketika motor sudah saya pake 1 minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan khawatir, masalah anda terjadi di smua FU, tdk masalah. Yg penting motor baru jangan dibawa ngebut di atas 60 sebelum 2000 km. Oli ganti secara teratur sebulan sekali. Motor FU memang perlu perawatan ekstra. Apabila anda tidak mau ribet, ganti saja ke motor Yamaha yg tidak ribet perawatannya seperti FU.

      Hapus
  44. thanks ya mas atas infonya.. :)

    BalasHapus
  45. izin bookmark ya mas..ane juga pengguna Satria FU.baru beli tanggal 5 maret kemaren.

    saya pratiin dari atas sampe bawah kayaknya masalah utama FU ada pada bunyi "tek tek tek" sama rantai kendor ya..nggak tau kuping saya yang error ato gimana bunyi "tek tek tek" itu sumbernya darimana ya??
    kalo masalah rantai kendor sepertinya saya belom ngalamin dah (yaiyalah motornya baru)

    terus mas masalah bensin, ketika pertama kali datang dari dealer itu motor nenggak premium 1 liter.Malem harinya saya isiin pertamax 95 di pom bensin dkt rumah. kira2 ngaruh nggak ya ke mesin?

    Di indikator motor saya sekarang udah 73,9 km dari sejak pertama kali beli (tgl 5 maret-17 maret).dah mau abis.udah kedap-kedip indikatornya..termasuk boros berati ya mas??

    makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1)masalah FU memang itu2 saja. dr rantai keteng/kamrad. Baca aja di atas.
      2)premium campur pertamax gak masalah.. tp apabila anda ingin pertamax berfungsi optimal (tuk kebut2an) sebaiknya jgn dicampur.
      3)Motor FU emang boros, apalagi yg udah modifikasi mesin, seperti juragan minyak, gak cocok buat motor harian.

      Hapus
    2. Ok thanks ya mas...
      oiya mas bisa kasih saran ban yang bagus buat FU itu merknya apa??
      mau ada rencana ganti ban yg agak lebar. ban standartnya terlalu kecil kalo menurut saya
      makasih ya mas

      Hapus
    3. sekarang smua ban bagus, tinggal pilih ukuran yg cocok dgn selera anda. Tp kalo di balap road race atw balap Moto GP, mereka pake Bridgestone (tp trlalu mahal tuk motor harian)..

      Hapus
  46. wah ane jadi bingung ama motor ane nih, pas umur hampir sataon pake (jarang pake) udah harus ganti kamrad, sekarang komstir harus ganti, ini kesalahan makenya apa ada indikasi cacat produksi ya bang? prasaan ane pake juga biasa2 aja, emang dulu sering dipinjem2.
    solusi gimana nih bang? ane ada rencana mau jual trus beli fu lagi. mohon nasihatnya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah anda trjadi di smua FU. FU memang motor yg ribet dan perlu perawatan ekstra. apabila anda gak ingin ribet ganti ke motor yamaha yg simpel & rewel.

      1) saran untuk kamrad: jangan sering memain2kan gas, oli ganti secara teratur, pake tensioner modifikasi seperti di atas.
      2) saran untuk komstir: anda sering masuk lubang? setang dipendekkan? sering ngerem ngejut? pake gemuk (grease) yang bagus untuk komstir.

      Hapus
    2. Mas Hardy saya mau nanya Fu ane, sudah 5 tahun pake. sudah dua kali mogok di jalan pada cuaca ujan/gerimis sebelumnya dikasih minum premium 2x isi full tank ama temen ane. Mogoknya pas jalan melewati polisi tidur otomatis ngerem donk RPMnya kira2 2000, pas mau di gas malah mati mesinnya. Distarter nyala tapi pas mau di gas matilagi. Waktu itu ane diemin 10menit. Sudah bisa jalan 500meter-an. Eh pas RPM rendah mati lagi. Pernah waktu itu ane panteng gasnya di RPM 3000, mau jalan ato berhenti tetep 3000, alhasil ga mati mesinnya. Tapi jadi aneh aja kek gasnya nyangkut.
      kira2 sakit apa ya mas Hardy satria saya?

      Hapus
    3. apakah tutup mesin dipasang? krn FU mudah mogok kalau mesinnya basah kuyup.. selain itu kalo mesin dingin FU jg mudah mogok.. saran saya kalo mesin dingin jangan digas kejut agar mesin tdk mati.
      Coba cek kopling apakah terlalu tinggi (kopling dilepas habis baru berjalan) kalo terlalu tinggi disetel ulang di bengkel.
      Saran saya kalo mesin dingin sebaiknya dipanasin dulu agar gak mudah mati.
      Solusi terakhir adalah ganti pilot jet dan main jet, baca saja diatas.

      Hapus
    4. ganti membran yg di karbu gan.. punya saya juga gitu, udah gonta ganti CDI, koil, busi tetep aja suka kumat kl jalan kadang mati tuh motor, trus langsam bisa pas di gas dikit mati lagi.. setelah ganti membran ga pernah tuh mati2 lagi, padahal ga bocor tuh membran, mungkin udh kendor kali. udh dibawa ke bengkel 4x resmi maupun ga resmi..

      Hapus
    5. kemaren pas kujanan aku copot colokan businya dan dilap2 dan ada air di kable coil pas sambungan dengan busi kemungkinan ngrembes lewat kable coil dan masuk kedalam.
      Untuk sementara aku isolasi saja agar air tidak masuk ke dalam pengapian busi.
      Kemaren sempat kegerimisan sedikit tapi tidak mogok.

      Mas Bongki mungkin itu juga perlu dicoba jika masih mogok lagi.

      thanks share-nya

      Hapus
  47. mau tanya hal yang harus diperhatikan saat baru2 punya satria apa saja,dan penyangga dkt rantai(kiri kanan) pada satria fu baru bengkok ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. FU baru?? saran saya:
      1. Ganti oli teratur
      2. Lumasi rantai
      3. jangan dikebut dulu sebelum 5000 km

      Hapus
  48. mas mau tanya, klo pake cdi racing itu bsa ngirit bensin yah mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh.. satria fu mana ada yg irit om.. khan performanya beda sama motor laen.. mo irit beli supra fu aja.. jamin irit.. hehe piss ahh

      Hapus
    2. gak.. CDI Racing gak bisa ngirit bensin.

      Hapus
  49. Wah lengkap banget...thanks ^^

    BalasHapus
  50. sore Bang, biar jelas aja neh n kalo memang salan mohon pencerahannya lagi ya Bang, mengengenai setting air screw FU
    saya pake FU standar, PJ saya ganti dengn yang 15, pasca pasang PJ kan mesti setting angin lagi kan, cuman saya masih ragu benar atau tidak cara settingnya, cera versi saya sbb:
    1. air screw saya putar hingga mentok kanan, searah putaran jarum jam.
    2. mesin saya hidupkan dan sata set stelan gas sekitar 700/800 RPM, pokoknya mesin batuk2 deh jadinya, brebet tapi ga sampai mati.
    3. saya putar balik stelan air screw, berlawan arah jarum jam sampai ilang sura batuknya / brebet, sampai sekitar 2 1/4 putaran.
    4. saya coba gas berurutan tahan di RPM 3000 udah ga ada brebet lagi, n langsamnya normal.
    5. stelan gasnya saya sesuaikan ke RPM 1300 (sesuai anjuran mekanik dealer)

    bener ga Bang kaya begitu settingnya ??
    dan sekarang cuman masalahnya setiap dinaikin gas gitu RPMnya turun sedikit misal 1300RPM turun hingga 1000 atau 1100 RPM, trus stabil lagi, n mesin ttp idup itu kenapa ya Bang ??
    mohon pencerahannya ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya udah bener..
      saat nyetel gas emang karbu menyesuaikan kiriman bahan bakar.. normal aja..

      Hapus
  51. lmas bro,saya mw tanya dong,kok motor ane klo RPM rendah (di bawah 5000 RPM),kok klo saya gas lbh gede dikit,itu ada suara ngeletek y seiring suara gas,karena kopling nya atau apa y???lalu kok saat mesin panas bgt,pas saya geber,trus suara terakhir normal di iringi bunyi ngeretek y???FU ane 2012 gan...mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. suara rantai keteng... normal... kalo mau bunyi lebih halus pake oli sintetik 20W-50 atw 15W-50

      Hapus
    2. maaf Christian, sebenernya suara ngeretek itu darimana? koq ada hubungannya dgn penumpang? apakah kalo bonceng penumpang mesin jadi berat? apakah bunyinya di monoshock? rantai?
      kalo Oli yang bener-bener untuk Suzuki Satria FU, menurut rekomendasi pabrikannya adalah Suzuki Genuine Oil SGO 4T 20W-50 SG MA . Gambarnya saya upload di atas.

      Hapus
    3. dari bawah mesin mas,jadi klo ada penumpang,suara tersebut semakin terdengar mas...apa itu terjadi di semua FU tahun 2012???kalo bonceng juga mesin jadi lebih berat mas...oh iya mas,memang nya ada perbedaan clearence y mas dari FU tahun lama dengan FU yang tahun baru ini???mohon bantuan nya mas

      Hapus
  52. Mantep infonya Om.
    saya juga pake,nah ada masalah rante di gear belakang sering lepas itu kenapa ya Om ?
    dan dari beli juga udah muncul bunyi tek tek tek gitu, saya udah pake adjuster manual.
    cara nyetelnya gimana Om ?
    apakah diputer searah jarum jam/ berlawanan arah jarum jam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. rantai udah kendor & gear belakang aus.
      2. nyetel adjuster manual puter ke kanan (searah jarum jam)

      Hapus
  53. bentuk pj n mj semua motor pa sama...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda.. trgantung jenis karbu...

      Hapus
  54. Buat ỲǎЙƍ mau ganti pilot jet standard satria FU ke pilot jet tinggi (17,5) silahkan pake Ƥưƞƴƌ shogun lawas, bisa ỲǎЙƍ original SGP or merk aftermarket (kitaco-shogun) ..

    Buat ỲǎЙƍ mau ganti penyetel tensioner rantai keteng bisa pake Ƥưƞƴƌ Thunder 125, bisa Juga Ƥưƞƴƌ smash, tapi tetep dimodif manual ketukang bubut, pake baut + nut diameter 12mm ..

    Kalo mau ganti knalpot free flow pake merk WRX (www.wrx.co.id) dijamin top bgt, karna harga sesuai kualitas ..

    Kalo mau ceper cukup ganti velg lebar diameter 16 inch + ban lebar (velg jari-jari) + turunin shock depan dikit aja ..

    Sekian ..

    BalasHapus
  55. bsa bntu gk gan????fu aq bermasalah , knp klo pnas mtor mati dan gag bisa lgsg jalan nunggu sktar 10 ru bsa jalan lg . Tp baru sktar 200 meter mati lg . Itu knapa gan ,?,?
    Mohon bantuan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. ganti oli Shell Helix
      2. ganti busi Iridium
      3. Bersihkan saringan udara & Karbu

      FU gak bisa terlalu panas, mesin mati sendiri, ganti oli teratur & pake oli yg encer seperti Shell atw Top One

      Hapus
  56. Selamat Sore Mas Bro

    Pada Awal bulan Mei 2013 saya membeli Satria F150, everything just fine, hanya ada yang agak mengganggu yaitu:
    Ketika jalan pakai gigi 5 dan 6 pada RPM 6000 keatas kenapa ada suara nguk nguk nguk ya ? (tepatnya dari mana tidak tahu, karena saya masih diatas motor :))

    Terima kasih Mas Bro, semoga budi baik Mas Bro mendapat Balasan yang lebih dari Allah

    BalasHapus
  57. maaf info tambahan Mas Bro
    Maksudnya nguk nguk adalah seperti berdengung dari mesin (ngooooong ...), suaranya mirip suara gardan truk atau bus cuma pelan.

    Terima kasih Mas Bro atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah anda terjadi di semua FU. tidak perlu dikhawatirkan yg penting perawatan & service secara teratur.
      apabila anda ingin menghilangkan masalah ini maka motor harus turun mesin & modifikasi total pada camshaft & gear (ini tidak saya sarankan!!!)

      Hapus
  58. Mas mau nanya, motor saya fu juga. Waktu itu saya pulang malam dan kehujanan, lalu saya nabrak genangan air. Karena saya ngbut hampir jatuh, saya lanjutkan jalan. Tapi setelah beberapa ratus meter gas langsung datar, dan gak kuat naik gunung. Karbu dan filter angin sdh saya bersihkan, tpi tetap gak ada perubahan.
    Mohon sekali pencerahannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sharing dari saya mas,
      motor saya juga seperti itu ngempos, mogok pas hujan.
      biasanya itu masalah di karbu atau busi.
      1.check karbunya ada campuran air nya tidak. bongkar karbunya, lihat sisa bensin di karbu ada campuran airnya tidak (bensin dan air tidak akan tercampur karena beda massa jenis).
      2. check busi, terutama sambungan busi dari kabel koil. jika basah berarti ada rembesan air masuk ke pengapian busi (seperti satria saya)
      isolasi lobang rembesannya bisa menggunakan isolasi, tie rap, lem atau apa aja yang tahan air kalau motor saya kemaren saya lem, bisa dilihat di http://motor-ngebut.blogspot.com/2011/01/masalah-klasik-pada-satria-
      fu.html
      bagian yang akan diisolasi.


      thanks, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. terimakasih sharingnya bung Kristo

      Hapus
  59. om saya maw nanya2 neh...

    1. saya baru beli satria fu 1 mggu lalu, klo dibawa ke jalan berlubang klo hentakannya kuat ada bunyi suara pletak... tapi klo dibawa pelan di jalan berlubang ga ada suaranya..

    2. saya klo lg bawa dijalan raya, n tekan full kopling tanpa gas ada suara krek krek nya kedengaran, saya tidak tahu asal dr mana tuh suaranya. tapi klo saya gas. suaranya ilang mungkin ke tutup sama suara satria yg kenceng

    pgn tanya dua hal itu karena apa? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. nich jawabannya:

      1. komstir setang oblag.. baca selengkapnya di atas
      2. rantai keteng. tp ini gak masalah krn smua FU gitu, yg penting oli ganti teratur.

      Hapus
  60. Bang mo nanya ni
    satria ane baru pakek 7 bulanan. sebelumnya satria ane kondisi karbu nya uda g standart lg, udah diutak-atik sana sini tp tanpa bore up. yg jd masalah setiap mesin satria ane panas di putaran rpm bawah kok mbrebet ya?? kadang motor langsung mati. tp klw mesin kondisi suhu mesin normal kendala itu g muncul.
    mohon pencerahannya Bang.... thx

    BalasHapus
  61. Untuk Saudara Christian,
    sebenernya suara ngeretek itu darimana? koq ada hubungannya dgn penumpang? apakah kalo bonceng penumpang mesin jadi berat? apakah bunyinya di monoshock? atw rantai?
    kalo Oli yang bener-bener untuk Suzuki Satria FU, menurut rekomendasi pabrikannya adalah Suzuki Genuine Oil SGO 4T 20W-50 SG MA . Gambarnya saya upload di atas.

    BalasHapus
  62. mas hardy,saya mau nanya dong,kok fu ane,klo belum di panasin,pas di panasin itu kok ada bunyi ngelotok y di blog mesin,itu apa y??trus saya juga mw tanya,suara ngelitik itu seperti apa mas??karena apa dan gmn cara ngatasinnya???maaf mas saya tabu dengan mesin...

    BalasHapus
  63. gan ane mau tanya ...
    KM berapakah SI belalng merah saya dapat di buat bonceng seseorang... mengingat FU saya yg bernama BlackPerl Baru Orok dari dealer...alias masi barang baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kapan aja boleh bonceng cewek, tp kalo bonceng cowok gak boleh.. wkwkwkwk
      2. yg penting panasi mesin dulu sebelum jalan (semenit aja) & gak usah digas
      3. jangan pernah digas poll sebelum 5000 km, nyantai aja

      Hapus
    2. bang aku baru beli SF baru 2 bulan,,SF 2013...,, santai atau cepat mesinnya kalau udah panas,,bunyi tuh tik tik tik dibagian kanan bang,, kalau motor baru,, mungkin ngga bunyi klep nya bang,,kalau tarikan berat,nanti aku ganti pj 17,5 mau coba dulu bang,hii tp 1 aja bang bunyi mesin berisik itu yg ngga enak didengar....

      Hapus
  64. Mas Ferdy, saya mau nanya nih.
    motor fu saya masih baru, paling bru 3 mingguan,
    pertama beli saya kurang tau klo motor baru tuh ga boleh di bawa kebut kebutan dlu. eh terlanjur saya bawa kebut kebutan. pernah sampai 10 rbu rpm.
    skarang motor saya kok kaya ada terasa yang aneh yha. mesin sebelah kiri kaya ada bunyi krik krik gtu. Maklum Saya masih Newby, mohon pencerahan nya yha mas. THx

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bunyi jangkrik dalem mesin... wkwkwkwk
      gakpp yg penting ganti oli teratur, sebelah kiri mesin ada rantai keteng/rantai klep/kamprat motor. mungkin agak kendor. baca aja blog diatas.

      Hapus
    2. aku baru 800km bang,,padahal motor aku jarang dipake baru 2 bulan,, ko bunyi tik tik tik dibagian kanan,kalau mesin dingin enak,kalau panas,ngebut atau tidak pasti bunyi bang,,tlong dibantu bang...,apa mungkin bunyi klep atau sim,, padahal motor baru bang,,

      Hapus
  65. puuuunteeennn kang herdy. sy mo nnya neh. sy pny fu baru 4mnggu (sbulan ya..) tp sy udh bwa muter2 jkt. yg sy mau tanyakn. itu msin pngaruh ga kang?! nah swaktu prtma sy bwa kok sering slip ya ktika ngoper gigi ke ats maupun kbawah. sakitu haturnuhun... minal aidzin walfaidzin sblm'y.

    BalasHapus
  66. puuuunteeennn kang herdy. sy mo nnya neh. sy pny fu baru 4mnggu (sbulan ya..) tp sy udh bwa muter2 jkt. yg sy mau tanyakn. itu msin pngaruh ga kang?! nah swaktu prtma sy bwa kok sering slip ya ktika ngoper gigi ke ats maupun kbawah. sakitu haturnuhun... minal aidzin walfaidzin sblm'y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. gakpp yg penting rajin ganti oli sebulan sekali.
      2. biasanya motor baru gak pernah selip gigi, mungkin kopling terlalu rendah/pendek

      Hapus
  67. gan, mau nanya ttg FU...kmren ane bru ngambil satria f 06, tpi pas dibawa jalan kok gas gbsa kebuka (brebet)pdhal mesin normal g ad suara aneh, sama tampilan digital speedo nya ga ada alias blank, apa ngaruh dari aki nya ya gan speedo sma lari motor? soalnya bbrapa org bilang klo suzuki itu motor trgantung sama aki (sma pngalaman dlu pke motor suzuki pas aki tekor jalan brebet), oiya jalan motor gbsa ngebut alias brebet klo dipaksa, mohon pencerahannya, motor klo kondisi diam(N) pas d gas gede kluar asep hitam gan cuma klo d gas biasa ga ada asap gan, apa itu indikasi turun mesin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. panasi mesin dulu sebelum jalan. gak usah di gas.
      2. digital speedo gak mkn daya besar, mungkin ada kabel yg putus.
      3. coba pinjem dulu aki FU laen yg masih bagus. coba tes ada perbedaan atw tidak
      4. keluar asap? motor lu udah parah. segera turun mesin.

      Hapus
  68. Ane mau tanya gan, cop busi pengaruh apa kgak sama gas? Soalnya udh ganti" cop busi tp tetep aja gasnya sering mbrebet, dan anehya kalo' pkek cop busi kakak langsung lancar, memang lucu gan tp gitu kenyataannya, apa agan punya solusi buat motor fu ane?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaruh...
      arus yang mengalir tergantung kualitas bahan, kerapatan dgn kabel & usia cop busi.
      solusinya ganti cop busi

      Hapus
  69. mas hardi,FU saya sekarang suaranya kok ngelitik y klo panas??emang seperti itu ya mas??tik tik tik di sebelah kiri mesin mas...

    BalasHapus
  70. bang hardy, fu saya shimnya udah di bubut, truss suara jd nglitikk.. kaloo mau dstandarin bisa gakk ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. ganti aja shimnya dgn yg baru lagi.

      Hapus
    2. kata mekanik diler,, kalo skep karburator udah baret mesin panas gampang mati2 ya bang??

      Hapus
    3. kalau skepnya udah baret, apakah bikin mesin mati sendiri jika udah panas. mkasih mas.

      Hapus
  71. mas hardy saya mau tanya, kata mas hardy kalo fu baru ga blh dibwa diatas 60 sblum 2000km, terus jngan dibwa ngebut sblum 5000km, kalo kata mekanik beres ny, kalo udh servisan pertama itu gram2 ny udh pada trun, jdi bisa d ajak lari2an, nah kebetulan saya new owners buat satria fu, nah sya kasih rinrian ny ya mas
    1. selesai servisan prtama kira2 600km`an lah saya bwa di atas 60, smpe nembak 101
    2. motor sya harus dipanasin selama 30 menit baru jlan normal, kalo ga mbrebet
    3. bunyi tek tek tek itu pada saat motor baru trun pas sya panasin tetep ada sampe saya ajak jlan juga tetep ada
    4. sya biasa pke matic nah baru punya mtr koplingan, tapi sebelum ny sya udh bisa naik mtr yg brkopling, nah saking sya lupa ny, pas narik gigi 2 pngen ngebalap kontener gigi ny mlah sya trunin, jdi gigi 1, tapi kopling ny tetep saya tarik ga saya lepasin
    5. setelah 960.4km mtr sya punya ritme suara yg bertambah, sya denger ny klok klok klok

    dari smua itu berdampak apa mas hardy, yg terutama 1, 4, dan 5
    mohon penjelasan ny mas
    terimakasih atas jwaban mas hardy

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti senasib bang sama aku,,, aku baru beli SF 2013 ,, baru 800km udah bunyi tik tik tik dibagian kanan,kalau mesin dingin enak,kalau udah panas,jalan cepat atau lambat pasti bunyi,aku bingung bunyi klep apa bukan bang,,sama aja bang aku juga udah bisa nembak 100,heee........!! bunyi mesinnya besirik amat,,, ngga dapet penyakitnya bang,,,padahal motor baru nih bang

      Hapus
  72. mas hardy saya mau tanya ni

    udh beberapa bulan ini aki say tekor trus dalam 3 bln 2x gnti aki

    pdhal saya cuma pake cdi racing dari rektor (tunable)

    dan ga pake apa2 lagi

    bensin saya pake shell yg v-power
    oli saya pake enduro racing
    per kopling racing vmc kalo ga salah lupa saya
    kampas kopling jg racing

    cuma sya mau ganti pilot jet punya shogun 17,5 kira2 gmn ya?

    cuma takut langsam ga stabil sma takut mati2 aja gitu???

    trus sama td aki saya tekor trus pas di starter agak susah

    padahal di cek aki normal

    spull jg normal
    kiprok jg normal

    kalo kiprok rsak kan udh pasti nyerang lampu biasanya pada putus

    saya jg udh mencopot filternya jd karbu kopong bebas

    tolong info baiknya gimana??

    dan solusinmasalah saya td

    trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada kabel api (+) yg bocor atw isolasi pelindungnya sudah jelek/ terbuka sehingga daya aki berkurang sndiri walaupun motor gak dipake.
      coba cek kabel yg ke CDI & lainnya yg pernah dibuka, kalo perlu dilapis isolasi dan dijauhkan dr body.
      Agak sulit menebak letak kabel bocor ini krn bisa dimana aja.

      Hapus
  73. 1.saya baru beli satria fu 1 mggu lalu, klo dibawa ke jalan berlubang klo hentakannya kuat ada bunyi suara pletak... tapi klo dibawa pelan di jalan berlubang ga ada suaranya..
    2. bang mau tanya kenapa ya fu saya saat pertama di panasi bunyi mesin tek tek sama klek klek tapi gak seirama sama gas. kalau udah pnas bunyi mesin normal lagi bang, terus kalau di gebeer di jalan suara mesin ksar banget apa memang gitu ya bang. mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. komstir oblag. baca tulisan saya di atas.
      2. mungkin bunyi rantai keteng/kamprat motor. baca tulisan saya di atas.
      3. ganti oli teratur & pake oli yg bagus.

      Hapus
  74. Bangga Dah punya FU... Hahaha

    BalasHapus
  75. permisi gan, ane mau tanya nih fu ane baru ganti knalpot r9 trus ko jadi cepet panas ke mesin ? solusi ya biar ga cepet panas ke mesin gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang begitu kalo pake knalpot racing, mesin jd cepet panas krn loss tekanan udara pembuangan menyebabkan rpm lebih tinggi. cek busi kalo berwarna merah bata brarti pengapian bagus, kalo berwarna putih berarti pengapian kering. Pengapian kering membuat mesin lebih panas. setel karbu agar pengapian lebih basah.

      Hapus
  76. Bos mau tnya ni Fu sya klw ngubut gas langsung di turunin lalu di tarik lagi mlh kosong g respon malahan mati itu knpa bos karbu/pengapian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. panasi mesin dulu sebelum jalan, jgn di gas.
      2. pake oli sintetik dgn viskositas tinggi.
      3. ganti pilot jet karbu jd 15 atw 17,5
      4. cek busi & cop busi, bersihkan atw ganti

      Hapus
  77. bang kalau bunyi mesin tik tik tik saat panas disebelah kanan itu kenapa bang,, padahal baru 800km,baru 2 bulan beli bang,,malah jarang dipake lagi,tpi ko bunyi berisik bang,,kalau dingin normal bang, kalau panas mau cepat atau lambat mesin pasti bunyi tik tik tik dibagian kanan,,kalau bagian kiri seeerrr enak bang,,tolong bang bantuannya.....tapi pernah lari kcepatan 100 bang,,

    BalasHapus
  78. Jdi ntk pertnyaan sya yg kmrin cukup ganti pilot jet aja klw jet nya g ush ganti,tpi yg mmnhi syarat oil sintetik dgn viskositas tinggi kira2 merek apa bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Shell Advance Ultra 4T 15W-50
      2. Motul 300V Factory Line Road Racing 15W-50 atau Motul 7100 20W-50 atau Motul 5100 15W-50
      3. Mobil 1 5W-50
      4. Castrol Power 1 Racing 4T 10W-40 atw Power 1 4T 15W-50

      Hapus
  79. mau nanya lg nih , apa dengan pengantian pilot jet dari standar fu 12 menjadi 17,5 ori punya shogun apa dapat meningkatkan performa atau kecepatan ya mas ??

    kira untuk peningkatan kecepatan selain korek mesin penuh dgn cara apa ya mas ??
    tolong dijelaskan??

    trims sebelumnya

    BalasHapus
  80. Makasi y bos atas antusias n info'a,,mtr sya jdi enak ni di pake'y g mati2 lgi klw hbis tancep gas,,tpi mtr sya CDI 'a sdh saya gnti sma shogun 125 lama,,hbis CDI sntdr'y limite g asik,,pngaruh g bos ntk k butuhn tnaga mesin n bgusn mna CDI sntdr/shogun 125 lama,,mslh'y ntk bli yg gmbr di atas dompet masi bolong,,heheeh..

    BalasHapus
  81. mantap kali ulasanya.
    kalo oper gigi keras banget itu kenapa ya bro hardy.ane dah pake oli motul.ane tanya sama mekanik suzukinya katanya mending gnti per koplingnya pakai punya rx king.kalo menurut bro hardy gimana.monggo di coret-coret

    BalasHapus