Rabu, 04 Juli 2012

Honda Civic Genio SR4GM

Saya baru memiliki Honda Genio SR4GM tahun 1994. Saya tertarik dengan Honda Genio karena bentuknya yang aerodinamis, keren dan mirip-mirip mobil balap. (kebiasaan main game balap mobil). sebenarnya sih yg tadi alesan aja..!! alasan utama karena Honda Civic yang baru gak kebeli. (maklum pegawai nunggu siang alias ...).



Kita bisa membedakan Genio ini dengan sedan lain dengan melihat depan mobil yang tidak memiliki front grille (alias lobang angin). Saluran udaranya terletak dibemper mobil. Setelah saya pelajari (dan dibongkar tentunya).."maklum hobi jadi mekanik". ternyata saya menemukan kelemahan-kelemahan pada Genio tersebut.

Tapi yang akan saya bahas kali ini adalah kelemahan di Crankshaft Pulley.
3 baris alur belt pada pulley

As Crankshaft Pulley Genio tidak mempunyai gigi suri/ Splines. Pulley tersebut memiliki 3 alur untuk belt yang memutar:
1. Power steering
2. Compressor AC
3. Alternator
belt tersebut tersusun 3 lapis mengakibatkan lebar Pulley yang terlalu besar dari as tumpu Crankshaft.

Memang secara teori .. hal tersebut tidak menjadi masalah karena panjang Crankshaft jauh lebih panjang daripada lebar pulley yang diputar tetapi beban putaran Pulley tersebut yang menjadi masalahnya.



Dari 3 beban yang diputar oleh Pulley tersebut, compressor AC adalah beban terberat. Sesuai dengan namanya... compressor tugasnya mengkompresi freon cair menjadi gas. Kompresi tentunya mengubah tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Untuk mesin.. hal tersebut tidak menjadi beban yang berat... tetapi dengan titik tumpu beban yang jauh dari sumbu putaran.. hal tersebut menjadi masalah. Ini bisa dibuktikan dengan putaran mesin rendah maka Puley akan berguncang. Perumpamaannya seperti gasing yang berputar lambat maka gasing tersebut akan bergoyang-goyang (tidak berputar tepat pada sumbunya).


Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan tumpuan Crankshaft di kedua ujungnya. (tetapi tidak memungkinkan untuk hal itu). atau paling tidak mengurangi jarak beban (sedekat mungkin) ke tumpuan as Crankshaft.


Saya sudah mempelajari pulley di mobil-mobil laen yang seumuran ataupun lebih tua, tidak ada yang bermasalah dengan sevi (key), mur (bolt), dan pulley. Kenapa? karena pulley mobil laen hanya terdiri dari dua baris belt, bukan tiga seperti ini. Apa yang membuktikan bahwa teori saya benar? Untuk mobil-mobil terbaru sekarang, baik itu Honda ataupun merek lain, rata-rata hanya mempunyai pulley dengan satu baris belt panjang. Belt panjang tersebut memutar semua secondary pulley, yaitu compressor AC, power steering dan alternator dalam satu barisan. Terbukti bahwa semakin sedikit baris belt pada pulley maka semakin stabil pulley tersebut walaupun dengan sevi yang kecil. Tentunya akan mengurangi resiko sevi aus, dudukan sevi aus, atau mur pulley terlepas/patah



Kelemahan kedua di Pulley tersebut adalah Pulley tersebut diputar dengan mengandalkan kekuatan sevi (parallel key/ crankshaft pulley key) yang lebih besar sedikit dari korek api. Hal inilah yang memusingkan kepala saya karena tentunya sevi tersebut akan aus .. kalau tidak tumpuannya yang lebih dahulu aus. Sevi (key) yang sedikit lebih besar dari korek api menjadi tumpuan untuk memutar Pulley dengan beban power steering, compressor dan alternator??? Sangat tidak masuk akal. 

Kenapa tidak dibuat gigi suri (splines) disitu? Sebenarnya saya tau alasannya karena untuk mengganti gigi timing belt dan seal timing belt harus melalui poros tersebut.

Tetapi untuk membuat Sevi yang sekecil itu untuk beban seberat itu? perancang Honda tersebut tidak logis dan mengandalkan trial & error saja. Kenapa tidak dibuat lebih besar lagi? Satu alasan yang masuk akal menurut saya adalah mobil ini tidak dirancang untuk ngebut dan berumur panjang. (Maklum mobil tua dah 18 tahun). Kalo cewek 18 tahun sih masih seger-segernyaa.. hehehe...

(bersambung)

Kelemahan Lainnya
Sistem Pendinginan Mesin dan AC (Cooling System)

Condenser dan Radiator terlalu kecil. Mesin mudah panas dan freon AC cepat overpressure (kelebihan tekanan) sehingga sistem mudah bocor. Apabila mesin panas, EACV (iddle up) tidak berfungsi pada saat menyalakan AC, sehingga mesin bergetar saat AC menyala karena iddle (gas lampsam) terlalu kecil (EACV tidak berfungsi).



Cara Mengatasinya
Ganti Condenser dan Radiator dengan punya Honda City yang lebih besar. (disusun dua lapis Condenser dan Radiator)

Sejarah Honda Civic



Generasi Pertama (1973-1979)
Mulai dijual pada tahun 1973, Honda Civic generasi pertama lahir dengan model coupe 2 pintu. Selanjutnya, keluar berbagai model di tahun-tahun berikutnya seperti hatchback 3 pintu, hatchback 5 pintu dan station wagon 5 pintu. Mobil ini dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan, jok berbahan vinyl, dashboard beraksen kayu dan lainnya yang sudah modern pada jamannya. Versi hatchback-nya dilengkapi dengan jok belakang yang bisa dilipat, radio serta pelapis kabin.

Awalnya, Honda Civic dibekali mesin 4 silider 1.2L bertenaga 50 HP dengan transmisi 4 percepatan dan otomatis yang juga disebut Hondamatic. Mobil ini sangat irit dalam hal konsumsi bahan bakar mencapai 16 km per 1 liter bensin.

Setahun kemudian, kapasitas mesinnya dinaikan 100 cc dari versi awalnya. Lalu pada tahun 1975, Honda Civic diperkenalkan dengan mesin 1.5L berteknologi Compound Vortex Controlled Combustion (CVCC) untuk memenuhi kebutuhan emisi yang rendah terutama di California, Amerika Serikat. Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga 60 HP. Seiring dengan kenaikan kapasitas, transmisinya pun dinaikan menjadi 5 percepatan.

Generasi Kedua (1980-1983)
Generasi kedua ini, Honda Civic diperkenalkan dengan bentuk bodi yang lebih kaku mengikuti jamannya beserta dimensi yang lebih besar.

Honda Civic ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan generasi sebelumnya. Fitur tersebut adalah adanya karpet dasar, rear window defroster, wiper depan dan belakang, body side moldings dan lainnya.
Untuk mesinnya, Honda memberikan tenaga lebih besar yang terbagi menjadi 2 versi. Pertama, berkapasitas 1.335 cc yang menghasilkan tenaga 55 HP. Kedua, berkapasitas 1.488 cc dan bertenaga 67 HP. Honda Civic generasi ini memiliki 3 pilihan transmisi, yaitu manual 4-speed, manual 5-speed dan semi-automatic 2-speed. Teknologi CVCC juga diterapkan pada generasi ini serta dapat mengkonsumsi bahan bakar lebih irit lagi, yaitu mencapai 20 km per 1 liter.

Generasi Ketiga (1984-1987)
Pada generasi ke-3 ini, Honda Civic tampil dengan desain bodi terbaru yang lebih panjang dan lebar, diikuti dengan bertambahnya jarak sumbu roda yang lebih panjang. Honda juga mengeluarkan varian wagon 4 pintu yang dinamakan Honda Civic Shuttle.

Honda memperkenalkan Honda Civic generasi ke-3 dengan mesin model terbaru dinamakan D-Series berjumlah 4 silinder dengan kapasitas 1.5L serta berteknologi CVCC. Mesin baru ini diklaim bertenaga sebesar 76 HP serta irit bahan bakar.
Di Indonesia, sebutan untuk Honda Civic hatchback generasi ini adalah Honda Civic Wonder.

Generasi Keempat (1987-1991)
Masih berbentuk agak ‘kotak’, Honda Civic generasi ke-4 hadir dengan desain baru yang lebih menarik dan aerodinamis. Perbaikan dilakukan pada sektor kaki-kaki yang memakai double-wishbone suspension pada keempat rodanya. Generasi ini juga memiliki beberapa varian yang tersebar di dunia yang memiliki masing-masing perbedaan.
Mesin D Series SOHC terus dipakai pada Honda Civic generasi ke-4 ini dengan beberapa macam kapasitas silinder yaitu 1.3L, 1.4L, 1.5L dan 1.6L tergantung kebutuhan di berbagai negara. Khusus untuk pasar Jepang dinamakan Honda Civic SiR yang dilengkapi dengan mesin B-Series berkode B16A, yaitu 1.600 cc DOHC serta berteknologi Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) yang bertenaga 158 HP.
Sedangkan untuk varian wagon-nya disediakan 2 pilihan yaitu FWD (berpenggerak roda depan) dan RealTime4WD (RT4WD). Untuk pilihan FWD dilengkapi dengan mesin 1.5L dengan pilihan 2 transmisi yaitu manual 5-speed dan automatic 4-speed. Sedangkan untuk RT4WD bermesin 1.6L, tetapi untuk transmisi manual memiliki 6-percepatan, sedangkan automatic masih sama.
Khusus varian wagon terus diproduksi hingga awal tahun 1996.
Honda Civic Nouva adalah sebutan di Indonesia untuk generasi ini versi hatchback dan Grand Civic untuk sedannya.

Generasi Kelima (1992-1995) - EG, EH, EJ1, EJ2


Perubahan besar terjadi pada Honda Civic generasi ke-5 ini, yaitu desain ‘membulat’ untuk mengejar tingkat aerodinamis yang tinggi. Interiornya pun juga lebih modern dibanding sebelumnya.

Pada generasi ini, Honda Civic hanya terdiri dari 3 model yaitu hatchback, sedan, dan coupe. Dari ketiga model tersebut juga memiliki banyak varian yang tersebar di seluruh dunia menurut kebutuhan serta memiliki beragam perbedaan pada eksterior, interior, kaki-kaki maupun mesin.


Honda Civic masih menggunakan mesin D-Series SOHC dengan beragam pilihan kapasitas silinder menurut variannya. Teknologi VTEC sudah mulai dipakai pada beberapa varian pada generasi ini. Selain itu juga diperkenalkan teknologi VTEC-E yang dikhususkan untuk konsumsi bahan bakar yang ekonomis. B-Series juga disematkan pada varian yang paling tertinggi dengan masih memakai mesin berkode B16A.



Di Indonesia, beredar 2 model untuk Honda Civic generasi ini yaitu sedan yang disebut Genio serta hatchback yang disebut Estilo.

Generasi Keenam (1996-2000)

Mulai tahun 1996, Honda memberikan desain terbaru kepada Civic generasi keenam sekaligus melakukan perbaikan di sektor kaki-kaki agar lebih stabil dan nyaman untuk dikendarai.
Masih sama seperti sebelumnya, Honda Civic memiliki 3 pilihan model yaitu hatchback, sedan serta coupe yang ditujukan ke berbagai negara tertentu untuk kebutuhan masing-masing.

Pada generasi ini, mesin D-Series SOHC masih terus dipergunakan dengan berbagai besaran kapasitas silider berikut disematkannya teknologi VTEC. Mesin B-Series DOHC digunakan hanya untuk model tertentu saja.

Pada tahun 1999, Honda Civic mengeluarkan model facelift yang memiliki perbedaan sedikit di eksterior seperti bemper depan-belakang, lampu depan-belakang dan lainnya. Model ini berakhir pada tahun 2000.
Di Indonesia hanya model sedan saja yang dipasarkan dengan sebutan Honda Civic Ferio.

Generasi Ketujuh (2001-2006)

Honda Civic pada generasi ini sudah diperkenalkan pada tahun 2000 dan mulai dipasarkan di tahun berikutnya. Desain eksterior yang berubah masih memiliki kemiripan dimensi pada Civic generasi sebelumnya, tetapi interior didesain ulang agar mendapat kesan yang luas terutama di bagian belakang.

Honda memberikan 3 model untuk Civic generasi ketujuh yang masing-masing mempunyai perbedaan pada sektor eksterior, tentunya ketiga model tersebut ditujukan kepada kebutuhan pasar masing-masing di negaranya.


Mesin yang dipakai adalah D-Series berkapasitas mulai dari 1.500 cc, 1.600 cc serta mesin baru berkapasitas 1.700 cc. Sedangkan untuk varian Si pada model hatchback juga tersedia mesin berkapasitas 2.000 cc. Selain mesin konvensional, Honda juga menyediakan mesin berjenis hybrid berkapasitas 1.300 cc, yang mulai dipasarkan di Amerika Utara pada tahun 2002 dan diklaim mampu berjalan hingga 19 kilometer untuk 1 liter bensin.

Pada tahun 2004, Honda memberikan sentuhan baru kepada Civic di sektor eksterior seperti bemper, lampu, grill serta adanya sideskirt. Generasi ini berakhir pada tahun 2006.
Hanya model sedan yang masuk ke Indonesia pada Honda Civic generasi ini, biasa disebut New Civic ataupun Civic VTi dan VTi-S.

Generasi Kedelapan (2006-2011)
Mulai generasi kedelapan, Honda Civic memiliki desain yang menciri khas kan mobil masa depan. Desain yang futuristik membuat dimensi bodi bertambah panjang dan lebar. Fitur kenyamanan dan keamanan semakin diperhatikan dengan adanya airbags berjumlah 6 buah.

Generasi yang mulai diperkenalkan pada tahun 2005 ini juga mendapat sentuhan baru pada desain interior seperti bentuk dashboard yang canggih dan unik. Selain itu juga mengedepankan sisi ergonomis saat mengendarai Honda Civic generasi ini.

Untuk modelnya, masih terdapat 3 yaitu sedan, coupe dan hatchback untuk kebutuhan negara masing-masing.


Untuk generasi ini, Honda memberikan beberapa mesin terbaru yang berbeda dari generasi sebelumnya dengan beragam kapasitas silinder serta teknologi i-VTEC yang merupakan teknologi baru dari Honda. Mesin hybrid dengan Integrated Motor Assist (IMA) serta mesin diesel juga hadir pada Civic generasi ini yang hanya dipasarkan di negara tertentu.

Honda All New Civic merupakan sebutan Honda Civic generasi ini di Indonesia.

Generasi Kesembilan (2012-sekarang)
Pada generasi ini, awalnya Honda ingin mendesain Civic menjadi lebih besar. Dikarenakan terjadinya krisis global, akhirnya Honda mengurungkan niatnya, melainkan mendesain Civic menjadi mobil yang efisien dalam hal bahan bakar. Generasi ini mulai diperkenalkan pada tahun 2011.
Terlihat sekali perbedaan dari generasi sebelumnya, Honda Civic kali ini mempunyai dimensi yang lebih kecil dan mempunyai bobot yang lebih enteng serta desain yang lebih modern. Terdapat 3 model yang mengisi Honda Civic generasi kesembilan ini, yaitu sedan, coupe dan hatchback. Beberapa model telah dilengkapi dengan teknologi Honda ECO Assist.

Honda memberikan 3 pilihan varian mesin, yaitu bensin, hybrid dan gas. Untuk varian bensin terdapat pada sedan, coupe dan Si. Pada sedan bensin, Honda memperkenalkan varian Civic HF (High Fuel Economy) bermesin 1.8 L bertransmisi 5-speed automatic dengan adanya fitur Eco Mode untuk memperoleh konsumsi bahan bakar yang irit.


Interior pada generasi kesembilan ini didesain lebih canggih dibanding generasi sebelumnya serta mempertahankan sisi keergonomisan agar berkendara lebih nyaman. Selain itu, telah terdapat fitur Intelligent Multi Informational Display (iMID) yang menampilkan informasi odometer, tripmeter, waktu, konsumsi bahan bakar dan lain-lain.

Dari sembilan generasi tersebut, punya gw hanya generasi kelima. Pengennya sih punya yang generasi kedelapan atau sembilan, tapi gak ada duit... hahahaha....

Oh yaa.. mungkin ada yang belum tau istilah jenis-jenis mobil di atas, sedan, coupe & hatchback. Ini ciri-cirinya:
1. Sedan = Empat pintu, ada buntut/bagasi
2. Coupe = Dua pintu, ada buntut/bagasi
3. Hatchback = tidak ada buntut alias pendek, pintu belakang bisa dibuka penuh ke atas

Mobil Genio Racing

Ada hal yang gak gue sangka-sangka tapi ternyata masih ada. Mobil Honda Genio generasi kelima ini masih dipake balapan !!! Walaupun udah berumur 20 tahun >.<

TTCC Race Taiwan


Engine Oil (Oli Mesin)

Gambar dibawah untuk menjawab pertanyaan dari pembaca dibawah. Oli mesin standar Honda Genio dari Pabrikan adalah SAE 5W - 30. Sumber berasal dari manual mekanik Honda Civic 5th generation.



TRANSMISI


Transmisi Honda Civic Genio


Diagnosa Kerusakan melalui ECU


untuk gambar diatas, posisi ECU adalah untuk Honda Genio diluar negeri (setir kiri)... sedangkan di Indonesia, posisi ECU adalah kebalikannya di sebelah kiri.



LOKASI SENSOR HONDA GENIO

- Mesin yang mirip dengan Genio Indonesia adalah D16Z6. (mirip !!! bukan sama !!!)
- Gambar di atas untuk Genio luar negeri dengan setir kiri, beda dengan Genio Indonesia adalah posisi mesin terbalik, posisi aki terbalik kiri ke kanan, dll)

SKEMA PEMBAKARAN HONDA GENIO

Mesin yang mirip dengan Genio Indonesia adalah D16Z6. (mirip !!! bukan sama !!!)

RADIATOR HONDA GENIO

STANDAR RPM HONDA GENIO

78 komentar:

  1. Sambungannya mana bos.. aku suka banget nich..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok saya lanjutin ceritanya.. tunggu..

      Hapus
  2. Oh ya.. katanya genio kelemahannya juga pada radiator dan puli yang jenengan haturkan tadi, cara mengatasinya gimana, mohon pengarahan.

    BalasHapus
  3. Oh ya.. katanya genio kelemahannya juga pada radiator dan puli yang jenengan haturkan tadi, cara mengatasinya gimana, mohon pengarahan.

    BalasHapus
  4. Oh ya.. katanya genio kelemahannya juga pada radiator dan puli yang jenengan haturkan tadi, cara mengatasinya gimana, mohon pengarahan.

    BalasHapus
  5. Oh ya.. katanya genio kelemahannya juga pada radiator dan puli yang jenengan haturkan tadi, cara mengatasinya gimana, mohon pengarahan.

    BalasHapus
  6. Oh ya.. katanya genio kelemahannya juga pada radiator dan puli yang jenengan haturkan tadi, cara mengatasinya gimana, mohon pengarahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. radiator
      keluaran dibawah 1994 masih menggunakan radiator 1 ply sedangkan keluaran 1994 keatas sudah menggunakan radiator 2 ply. Kalo mobil qm terlalu panas, ganti saja dgn radiator yg panjang.

      2. crankshaft pulley
      apabila dudukan sevi sudah aus
      a. turun mesin dan melepas crankshaft (as kruk), kemudian bawa ke bengkel bubut utk membuat dudukan sevi baru dan yg lama ditutup.
      b. mengganti crankshaft (as kruk) dan harganya mahal.
      c. ganti as kruk yg seken (bekas) dgn dudukan sevi yg masih bagus, tp crankshaft harus disetel ulang dan itu agak rumit buat mekanik.
      Kesimpulan: cara yg paling mudah dan murah adalah lepas as kruk dan bubut ulang.

      Hapus
  7. Katanya klo dudukan sevi as kruk klo aus bisa di las ya?? Mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. tp harus las baja, bukan las kaki lima tpt buat terali.. kemudian dirapiin bekas lasnya.. Serahin saja ke tukang bubut yg ahli & kasihtau mau dibuat gimana.. pasti beres..

      Hapus
    2. Artinya gak usah turun mesin ya mas? proses pengelasannya bisa langsung tanpa harus melepas as kruk? Maaf banyak nanya mas Har,kebetulan genio saya kasusnya sprti ini dan belum d bw bengkel.Trm Kasih...

      Hapus
    3. gak bisa mas... harus turun mesin... kalo gak lasnya gak rapi, tutup cover timing belt meleleh dan timing belt bisa putus krn panas,. kalo bengkel ahli, melepas as kruk itu cuma sebentar paling lama 3 jam.

      Hapus
    4. Terima kasih banyak mas,infonya sangat membantu saya.Sekarang saya lg cari2 bengkelnya yg kira2 bagus/rapi di bdg.

      Hapus
  8. Mas Hardy.. blog ini cukup membuat pencerahan bagiku,aku pengguna genio '95.Ada yg masih mengganjal bagiku,yaitu mengenai tipe oli mesin yg cocok buat mobil yg sdh berumur ini,manual book gak ada,sekarang sy pakai T*P1 10w30.apa gak keenceran? Trm kasih..

    BalasHapus
  9. kalo menurut buku manual teknisi Honda maka oli yg digunakan SAE 5W-30 (gambar di atas). Utk mobil yg sudah berumur memang keenceran (utk lebih jelas apa itu viskositas lihat di blog saya ttg motor Satria FU). Gunakan oli 5W - 40. Lebih bagus menggunakan oli sintetik kualitas tinggi seperti Shell Helix Ultra.

    BalasHapus
  10. Klo di balik kap mesin genio ane ada kotak stiker warna kuning/ kotak service information yg menuliskan Oli Mesin 40/20W - 50 API service SF/SG.Artinya apa ya om? apa emang oli rekomendasinya 20W-50 gt? Ane jg dulu pernah pake 10W-30,di bawah bak mesin keliatan selalu basah oli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang viskositas oli 20W - 50 lebih tinggi dari 5W - 30 atw 10W - 30 (lihat posting saya mengenai viskositas di Suzuki Satria FU). Sebaiknya memang menggunakan oli 20W - 50, tapi kalo menurut pabriknya sih 5W - 30 (lihat manual di atas). Kalo stiker warna kuning seperti yg anda bilang di mobil saya sudah gak ada lg jd saya gak tau. Kalo di motor, SAE 20W - 50 digunakan utk motor balap/ racing krn viskositas yg tinggi (kekentalan tinggi) pd suhu tinggi (operasional)

      Hapus
  11. cara mengatasi seal gearbox grand civic rembes, dan biaya sekitar berapa y

    BalasHapus
  12. cara mengatasi seal gearbox grand civic rembes, dan berapa y biaya bongkar pasangnya nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, biaya saya kurang tau, tp cara mengatasinya cukup bongkar transmisi, ganti gasket dan dilem. kalo di bengkel ahli, bongkar pasang transmisi itu paling lama 1 jam, gambar transmisi lihat di atas.

      Hapus
    2. wokey terimasih mas atas pencerahannya

      Hapus
  13. mas hardy saya minta pencerahan lagi mobil saya kalo keadaan stasioner lampu indikator tidak kedip-kedip tapi kalau gas dibuka lampu indikator kok kedap-kedip ya minta saran apa yang harus diperbaiki maturnuwun sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sensor yg bermasalah... coba reset ECU... gambar petunjuk akan saya upload di atas..

      Hapus
  14. mas Hardy mau tanya berarti untuk honda genio tahun 95 sudag memaki radiator 2 ply ya? maksutnya 1 ply atau 2 ply itu bagaimna? dan cara membedakan radiator 1 ply dan 2 ply itu bagaimana? terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 ply berarti 2 baris saluran air... buka tutup radiator.. liat lubang saluran air sebaris atau 2 baris..

      Hapus
    2. Mas Hardy sy mw tanya>,genio sy transmisinya agak keras.,sy baru beli dr orang genio 92.,dan dari awal emang uda keras.,gmna ya carany biar transmisinya kembali enteng g keras.,?

      Hapus
    3. coba ganti oli transmisi, cek kopling aus atw tidak & setel master kopling bawah (slave cylinder)~> lihat gambar di atas

      Hapus
  15. Mas Hardy mohon pencerahan, untuk genio yg diindonesia apakah ada sensor oksigennya? Karena setelah saya jumper pin yg dibakik laci hasil kecila CEL hanya 1x. Dari gambar diatas itu mengacu ke sensor oksigen mas. Tapi saya cari digenio saya tidak ada sensor oksigennya. Mohon pencerahan mas. Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas hardy sekedar menambahkan, indicator engine light saya nyala trs, begitu saya ikutin gambar diatas. Hasil kedipan cel nya cuma 1x. Apa iya sensor oksigennya mas? Sedangkan dimobil saya sensor 02 tsb sy cari tdk ketemu.

      Hapus
    2. ya benar, Genio Indonesia tidak ada sensor oksigen. Mungkin ada sensor lain yang bermasalah, saran saya lepas socket sensor lain di mesin kemudian pasang kembali dengan erat. Biasanya socket yang kendor menyebabkan indicator light menyala. Sebagai tambahan info saya upload diatas skema pembakaran Genio.

      Hapus
    3. wah.. makasih penjelasannya mas. Gak lama saya cek lagi CEL nya kedip 1 (panjang) dan 1 (pendek) klo diartikan jika tidak salah 11x mas. Kira2 masuknya kemana ya mas? Intake kah? mohon advisenya. tks

      Hapus
  16. Mas Hardy, genio saya tahun 93 MATIK, mohon petunjuk ,saat start bergerak dan tancap gas, sepertinya lambat untuk perpindahan gigi nya.

    Mohon saran ya mas, supaya perpindahan gigi bisa lebih responsif.

    Matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas Cahyo kalo soal transmisi matik saya gak paham, tapi coba ganti oli transmisi atau tanya ke mekanik Honda mungkin ada setelan untuk transmisi.

      Hapus
  17. Sekalian numpang saran , apakah pengaruh juga velg 17 yang saya pake ( keberatan ) jadi memperlambat responsive nya perindahan genio Matik ya Mas ???
    Mtr nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila mas Cahyo memakai velg 17 dr bahan besi/baja pasti berat, tetapi kalo memakai velg 17 dr bahan Aluminium Alloy = ringan. dan tentunya velg Aluminium Alloy lebih mahal dari velg biasa.

      Hapus
  18. Mas Hardy mau tanya... genio saya manual th 92... udah pake radiator 2 ply dan ga pernah panas. Saya mau tanya,,,
    1. pas pake AC kalo lg nurunin gigi/ nambahin gigi knp mesin sll mati ya padahal ngegasnya jg biasa2 aja tuh,, kalo pas ga pake AC ga pernah mati mesinnya.
    2. Dari beli belum pernah diservis mas, kira2 kalo mau diservis yg ditanyakan apa saja ya? maklum gatau mesin sama sekali.
    3. Kalo mau modif2 gt biasanya yg diganti apa saja ya mas(tampilan kurang bgs karena pemilik sebelumnya tdk merawatnya)? termasuk ban sama cat yg bagus tapi ga mahal2 amat gitu pake merk apa dan biaya berapa?
    trimakasih sebelumnya .. maaf kebanyakan tanya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. pake AC pindah gigi~> mesin mati. Ada 2 kemungkinan :
      a. kompresi AC trlalu tinggi, solusinya ke bengkel AC dan minta kurangi freon nya agar mesin tidak berat. Jangan terlalu banyak mengurangi freon krn AC menjadi kurang dingin. Minta saran dgn mekanik AC brapa tekanan freon yg seimbang dgn kapasitas mesin.
      b.Setelan kopling terlalu tinggi (sedikit menginjak kopling sudah bisa masuk gigi). Biasanya mesin mudah mati karena gas & kopling tidak balans. Solusinya setel master kopling bawah (slave cylinder). Lihat gambar master kopling diatas.

      2. yg perlu diservis:
      a. ganti oli mesin
      b. ganti oli transmisi
      c. bersihkan filter/saringan udara atw ganti
      d. ganti busi
      diatas adalah hal yg utama perlu diservis. selain itu tanyakan ke mekaniknya.

      3. ada 2 hal yg perlu diperhatikan kalo kita mau modifikasi. Apakah kita mengutamakan kenyamanan ataukah penampilan?

      a. Kalo kita mengutamakan kenyamanan yg harus dimodif:
      a.1. jok/kursi ganti bahan kulit/beludru/bahan yg halus & tidak panas.
      a.2. kaca film/riben mobil, pasang riben yg bagus atau 80% ke atas. Riben ini sangat berpengaruh thd suhu didalam mobil. Utk riben kaca depan jgn trlalu gelap atw separuh saja krn pandangan akan trganggu pd malam hr.
      a.3. audio/video mobil

      b. kalo kita mengutamakan tampilan mobil, yg harus dimodif:
      b.1. Cat, cat yg bagus adalah merek2 ternama sperti Nippon Paint. Harga saya kurang tau (trgantung bengkel cat). Jumlah lapisan cat jg berpengaruh di harga pengecatan. Ganti warna jg lebih mahal drpd hanya memoles cat lama. Kalo mau ganti warna sebaiknya ganti dgn warna yg eye catching biar tidak membosankan & menarik perhatian.
      b.2. Velg, ganti velg yg lebih besar 15" atw 17". Ban jg diganti lebih tipis utk menyesuaikan dgn ukuran velg. Cari velg dgn bahan Aluminium Alloy yg ringan & kuat, harganya tentu lebih mahal.
      b.3. Lampu bisa diganti dgn yg lebih menarik, di pasaran banyak lampu modifikasi utk genio. Bola lampu jg bisa menggunakan lampu HID dgn sinar putih.
      b.4. Knalpot bisa dimodif racing, ganti total atw ganti ujung knalpot saja.
      b.5 bisa dipasang aksesori seperti spoiler sayap belakang agar tampilannya seperti mobil balap.

      utk tampilan, item diatas adalah yg paling utama dimodif pemilik mobil.

      Hapus
    2. wah terimakasih banyak sarannya mas lengkap sekali :D langsung ke bengkel nih. thank's

      Hapus
  19. mas hardy,mau tanya nih..ada nggak softcopy buat manual mekaniknya genio 5th generation?
    kalau download dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada lg. civic 5th gen udah termasuk mobil tua, 19~22 tahun.

      Hapus
  20. mas hardy, mau tanya nih. adakah filter ac genio ? dan letaknya dmn ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. filter AC?? mungkin maksud anda dryer? ada di pojok kanan bawah kap mobil..

      Hapus
  21. Mas ...infonya bagus banget nih...
    Saya mau tanya, kenapa kalau abis keguyur air (dalam volume banyak)mobil agak susah hidup ya? lampu Cek Engine nya nyala. Anehnya, setelah kontak dihidupkan dan lampu cek engine nyala gak mau mati. Trus saya iseng tekan2 klason ( yang kebetulan kok suaranya kecil sekali...ada masalah kayaknya sama klaksonnya) eh tu lampu cek engine nya nyala dan mobil mau distater....itu kenapa ya mas..???apa ada abel2 yang getas?

    trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bagian yg bocor dan mengenai perkabelan atau sekering. coba cek setelah keguyur air/hujan dimana bagian yg basah. Pertama cek di bawah setir tepatnya dibawah wadah sekering. ada tidak kebocoran disana. kemudian baru ditempat lain.

      Hapus
  22. boz hardy genio ku th 1993 mesinnya kok kaya distel untuk putaran rpm 800 s/d 1000 ya, ada masalah dengan ecu ? bagaimana mengatasinya ?. dan posting dong gambar utk radiator 1 ply dan 2 plynya oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. terjadi kesalahan sensor pada ECU mobil anda. RPM mesin itu diatur oleh ECU menyesuaikan dengan peralatan yang dinyalakan, seperti AC, lampu, alternator, blower, wiper, dll.
      Tolong dijelaskan kondisi RPM 800-1000 itu apakah hanya mesin yang menyala? ataukah ada aksesoris lain yang menyala. Kalau aksesoris/peralatan lain tidak ada yang menyala berarti sensor ECU salah input.
      Solusinya adalah menyetel ulang ECU dengan komputer khusus di bengkel resmi. Tapi harus diingat bahwa RPM mesin saat idle tanpa beban tidak boleh terlalu rendah karena bila dibebani kompresor AC yang berat mesin akan stall dan mati.
      Daftar standar RPM untuk tiap kondisi dan gambar radiator akan saya upload di atas.

      Hapus
  23. mas hardy, knapa kipas radiator genio sering mati padahal sdh diganti motor dan sensornya, utk handle itu saya pasang kabel yg lsg dari kontak tp kasihan motor kipasnya muter terus, mohon pencerahannya tx Jambank

    BalasHapus
    Balasan
    1. kipas radiator dihidupkan oleh ECU setelah mendapat sinyal dari sensor panas di mesin.
      saat keadaan mesin dingin, kipas radiator belum dihidupkan oleh ECU.
      Setelah mesin panas, baru kipas radiator dihidupkan oleh ECU.
      Lihat panel suhu radiator di Dashboard apakah masih berfungsi?

      Hapus
    2. masih fungsi mas, jadi otomatisnya suka gak ada setrumnya makanya saya tambah kabel yg lsg ke kontak, pas di kontak kipas radiator lsg muter, jadi temperaturnya dibwh setengah, knapa bisa hilang setrumnya padahal sikring2nya bagus semua (panel dkt stir maupun yg dkt aki)

      Hapus
  24. Mas Hardy....
    Berapa RPM standart Genio.
    Apakah bahaya kalau motor radiator dipasang langsung dari kontak
    Bagaimana cara untuk mendapatkan / beli Bumper depan Genio.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. RPM standar genio sudah gw upload gambarnya diatas
      tidak bahaya kalo motor radiator dipasang dr kontak tp bagaimana cara hidup matikannya? kmudian cek voltasenya apakah sesuai.?
      bemper depan genio tanya aja di Honda kalo masih ada biasanya bisa inden ttp mahal

      Hapus
  25. Mas hardy saya mau tanya....saya pake genio 92 kenapa ya klo pagi kipas radiator saya bunyinya gak enak....tp itu cm sebentar aja setalah itu hilang sendri...trus knp klo pas awal digas n lepas koupling mobil ndut2an....tp klo udah kenceng tarikannya jd normal tp agak sedikit nyentak....?? trima kasih..

    BalasHapus
  26. Mas hardy, numpang ikutan nimbrung... Genio saya tahun 1994. Keluhannya:
    1. kalo mesin dimatikan, terus langsung dinyalakan lagi selalu ngga bisa, ada suara start nya tapi gas nya suka ngga nyantol, jadi mati lagi... begitu terus sampe beberapa menit. Susahnya kalo pas ngisi bensin, kl lupa terus terlanjur matiin mobil malah jadi didorong sama mas2 pom bensin ke pinggir. Mohon masukan apa yang salah...
    2. sama kaya mas diatas, kl di gigi 2 mobil suka ndut2an, tapi kalo dibleyer2 (kopling full, sambil di gas) bisa stabil lagi jalannya...tapi sering gitu...apalagi kalo pake AC, semakin menjadi...

    mohon masukannya...karena udah dibawa ke bengkel juga belum kelar penyakitnya... makasih

    BalasHapus
  27. Mas Hardy saya mw tanya.kemrin genio saya tahun 92 masuk bengkel tune up biasa dan katanya metal jalan saya kena dan bunyi.kira mengatasinya harus turun mesin dan itu sekitar habis berapa mas hardy.terimakasih mohon pencerahannya

    BalasHapus
  28. mas hardy mw tanya kemerin mobil saya genio 92 masuk bengkel hanya tune up bysa dan katanya metal jalannya kena dan sudah bunyi.
    ini kira2 cara mengatasinya bagaimana dan perlu biaya berapa, dan juga seumpama bertahan dulu bagaimana perawatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti metal jalannya (round bearing),
      metal jalan adalah bearing utk piston bergerak keatas kebawah.
      lebih cepat aus disebabkan oli yg kurang bagus dan lambat diganti.
      biaya kurang tau krn gw bukan mekanik, tetapi harga metal jalan itu sekitar 350 ribuan ditambah biaya bongkar pasang mesin, oli, gasket, trgantung bengkelnya.
      bertahan dulu tidak apa2 asalkan bunyinya tdk trlalu parah, yg penting ganti oli secara teratur dgn oli kualitas bagus.

      Hapus
  29. Mas Hardy..Genio saya th.93....Awalnya mesin sekali distart langsung hidup...sekarang susah hidup.Kunci kontak di ON kan bunyinya cetak - cetik saja,tidak ada tanda2 flywheel berputar,Kondisi Accu bagus (amp dan Volt nya bagus ).Jadi saya dan teman coba buka dynamo starter dan saya coba diluar ternyata berputar bagus,Terus saya pasang kembali ketempatnya..kembali,diknci...dikonek.Terus saya start masih saja seperti diatas...cetak cetek juga,seperti tdk mampu memutar rodagila.Kira2 apa ya Mas penyebabnya..mohon pencerahannya Mas...Suwon Ya Mas Hardy..

    BalasHapus
  30. Mas. saya mau tanya solusi terbaik kalo tabung oli power steering saya patah sambungannya yg kecil, dan ternyata sambungannya sudah pernah di lem jadi gak bisa lepas dari selang kecilnya. thanks before

    BalasHapus
  31. Bang Hardy....
    kalau makai Condenser dan Radiator Honda City ke Genio apakah langsung tinggal masang atau masih ngakali/nyeting tempat atau dudukan yang lain???

    BalasHapus
  32. mas mau tanya np yah mobil honda genio matic 93 kadang susah mundur, mesti gas agak tinggi baru mau,, g bisa instant mundurx .. tq

    BalasHapus
  33. Mas Hardy....
    Mau tanya dimana letak Flasher sein honda Genio.krn yang kanan kedip nya bagus.yang kiri kedip nya lebih cepat.
    Kenapa lampu sorot Honda Genio tidak terlalu terang.krn saya sdh ganti lampu HID juga tidak terlalu terang.
    Dimana atau bagaimana cara mendapatkan (beli) lampu yang terang dan cocok untuk dipasang di Honda Genio Tahun 93.
    Terima kasih Mas.

    BalasHapus
  34. Mas Hardy....
    Mau tanya dimana letak Flasher sein honda Genio.krn yang kanan kedip nya bagus.yang kiri kedip nya lebih cepat.
    Kenapa lampu sorot Honda Genio tidak terlalu terang.krn saya sdh ganti lampu HID juga tidak terlalu terang.
    Dimana atau bagaimana cara mendapatkan (beli) lampu yang terang dan cocok untuk dipasang di Honda Genio Tahun 93.
    Terima kasih Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. sein kedip lebih cepat; kedipan sein tergantung dr relay, samakan relaynya kiri dan kanan
      2. lampu sorot tidak terang; lepas penutup lampu yg berada di depan lampu (bila ada), ubah arah sorotan agak ke bawah, perbesar daya lampu
      3. semua lampu cocok, cari yg daya (Watt) lebih besar, arahkan lampu agak ke bawah agar sinarnya tidak pencar, tambah lampu di bemper bawah (posisinya dibawah lampu depan)

      Hapus
    2. oh... iya jgn lupa cek ground (-) lampu.
      Ground kendor menyebabkan lampu gak terang

      Hapus
  35. Oya nambah lagi mas Hardy.....
    saya Pakai Ban ukuran 205-40-R17, depan dan belakang sama.
    Rencana saya ban belakang saya rubah pakai ukuran 235 -40/45-R17.kira-kira bagus gak menurut mas.yg jelas ukuran ban belakang pasti agak keluar dari spatbor belakang..Velk saya alumunium.tengyu mas hardy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus kalo lebarnya sama, karena tidak lazim ban belakang lebih lebar dari ban depan
      lebih enak dilihat kalo ban belakang lebih tinggi, bkn lebih lebar

      Hapus
  36. Selamat Malam Mas Hardy

    setelah saya baca tulisan mas di atas, kok ngeri juga ya kalau pelihara Genio.
    dari radiator kecil hingga sifatnya yg fatal kayak design racangan Pully yg kerja extra.

    padahal dr SMP ng-FAns banget dengan ini mobil.
    kebetulan skarang kyknya punya budget untuk beli (setelah umur saya dan Genio mulai tua, hehhehe)

    Yang ingin saya tanyakan, kalau itu pully tetep dibiarkan asli kayak pabriknya, perawatan yg kayak gmn yg harus rutin dilakukan ?
    trus masalah radiator yg masih 1 ply katanya bisa diakalin dengan ganti punya city, berapa kisaran harganya termasuk ongkos pasang?

    saya tetep berburu genio (via online), lumayan yg uda dimodif (tidak norak) misal : body kit, velg, spoiler dan audio, harganya berkisar 50-60 jt (92-95), masuk akal kah harga itu mas?
    oh iya, itu harga di daerah saya (Bali)

    Mohon pencerahannya kalau tidak sibuk.

    salam

    Nyoman

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pulley, tidak ada perawatan yang bisa dilakukan kecuali mengurangi kompresi AC atau memperkecil kompressor AC.

      radiator untuk genio yang tahun 1994,1995 sudah 2 ply, tapi kalo mau diganti radiator yang lebih panjang, tentunya lebih bagus. Harga saya kurang tau.

      Harga tergantung kondisi. yang penting bukan modifikasinya, tetapi perhatikan :

      pulley, goyang atau tidak,
      AC dingin atau tidak,
      apakah RPM naik ketika AC hidup? kalau naik berarti EACV normal,
      mesin overheat atau tidak ketika berjalan lama,
      handle pintu rusak atau tidak (biasanya handle asli sudah rusak semua)
      adakah bunyi-bunyian di kaki-kaki ketika berbelok, apabila ada brarti C.V joint sudah rusak
      adakah bunyi-bunyi aneh ketika perpindahan gigi, kalo ada kemungkinan pak kopling sudah habis (wajar untuk mobil 20 tahun)

      kerusakan diatas adalah kerusakan yang sering terjadi di honda genio

      intinya adalah anda harus mengetes mobil yang akan anda beli. ajak teman yang ahli untuk mengetahui kondisinya. dan dengarkan apakah ada bunyi-bunyian yang tidak wajar ketika berjalan.

      tapi saran saya jangan beli Genio, karena dengan umur mobil yang 20 tahunan, semua bagian mobil pasti sudah lemah. Kecuali cuma buat hobi, jarang dipake dan anda punya mobil lain untuk sehari-hari. Terimakasih Bli atas pertanyaannya ^^

      Hapus
    2. Selamat siang mas hardy
      Mobil genio '92 saya tidak bisa distater. Ternyata aki soak. Solusinya apa harus ganti dwngan aki hg baru atau cukup dicas saja akinya. Trims

      Hapus
    3. ganti aki baru, sekitar 500 ribuan

      Hapus
  37. wah pikir'' lg emang klo mw beli genio..^_^ mending civic lx

    BalasHapus
  38. bahh,,mikir 2 x beli genio,,,,mas hardy mau tanya kalo alternatif selain genio,, baleno atw all new corolla mending mana yah??dilihat dari segi perawatan dan harga part nya,terimakasih

    BalasHapus
  39. wah jd pikir2 mau ambil tawaran Teman.
    Corolla DX saya mau ditukar guling Genio.
    ijin Nyimak terus ya.. smg dpt pencerahan.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  40. Mas hardi mau tanya..saya pake genio 93 manual.ada mslh saat buka kca jendela kya ada yg selip d dlm pintu.kira2 apanya mas.kalo bnrin brp kira2.mksh sblmnya mas

    BalasHapus