Sabtu, 06 April 2013

KOPASSUS

KOMANDO PASUKAN KHUSUS


Lencana Kopassus


Kopassus adalah singkatan dari Komando Pasukan Khusus. Salah satu pasukan elite yang dimiliki Indonesia dibawah TNI Angkatan Darat. Kopassus merupakan pasukan elite terbaik di dunia. Mengapa saya bilang terbaik di dunia? Amerika punya Navy Seals, Inggris punya SAS, dan Jerman punya KSK, tapi mereka didukung peralatan tercanggih di dunia. Sedangkan Kopassus punya individu personil terbaik walau tanpa didukung peralatan secanggih Navy Seals yang sudah terintegrasi ke komputer, satelit GPS & streaming ke markas komando.

Bagi yang dukung Kopassus ayo di-like di facebook ini : https://www.facebook.com/SatuMiliarDukunganUntuk11Kopasus?ref=ts&fref=ts
Sudah ada 46 ribu orang yang kasih jempol.

Kalau anda bertanya "katanya Kopassus terbaik di dunia kok bisa kalah lawan preman di Hugo's Cafe Jogjakarta"? Tentu saja bila anda sendirian dikeroyok banyak preman bersenjata,... kecuali anda Superman, gak mungkin anda menang..

Turut berduka cita atas gugurnya Sertu Heru Santoso ditangan para preman di Hugo's Cafe Jogjakarta. Sertu Heru Santoso lahir di Desa Karang Agung, Kecamatan Penukal Abab, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Ciri khas Kopassus adalah baret merah

Kopassus dibentuk 16 April 1952, jadi sekarang usianya sudah 61 tahun. Kopassus menjadi perhatian dunia semenjak operasi pembebasan sandera pesawat Garuda penerbangan 206 pada 31 Maret 1981, yang sukses dilaksanakan.


Terbagi atas 5 Resimen, 
Grup 1 Parakomando, berlokasi di Serang Banten
Spesialisasi : Operasi pasukan khusus, Perang Rimba, Perang Non Konvensional, Kontra pemberontakan, Pengintaian Khusus, Serangan Kilat. 
Grup 2 Parakomando, berlokasi di Kartasura Jawa Tengah
Spesialisasi : Operasi pasukan khusus, Perang Rimba, Perang Non Konvensional, Kontra pemberontakan, Pengintaian Khusus, Serangan Kilat. 
Pusat Pendidikan Pasukan Khusus berlokasi di Batujajar Jawa Barat
Grup 3, Sandhi Yudha, berlokasi di Cijantung Jakarta Timur
Sat 81-Gultor (Penanggulangan Teroris), Anti Teror, berlokasi di Cijantung Jakarta Timur


Komandan pertama pada tahun 1952 adalah Idjon Djanbi. Idjon Djanbi adalah mantan kapten KNIL Belanda kelahiran Kanada, yang memiliki nama asli Kapten Rokus Bernardus Visser.


KOPASSUS semboyannya “TRIBUANA CHANDRACA SATYA DHARMA” yang artinya :

TRIBUANA atau Tiga Jagad berarti.
1) Sebagai manusia hamba Tuhan yang diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna maka dalam pribadinya terdiri dari tiga unsur yaitu cipta, rasa dan karsa yang harus diaktualisasikan sebagai karya nyata.
2) Sebagai prajurit harus mampu berkiprah di tiga matra yaitu darat, laut dan udara.

CHANDRACA berarti.
1) Sebagai senjata ampuh berbentuk tombak bermata tiga dan hanya digunakan pada saat terakhir dalam pertempuran.
2) Senjata ampuh yang berbentuk kecil menggambarkan bahwa Pasukan Khusus meletakkan kemampuan di atas jumlah dan digunakan untuk tugas-tugas yang bernilai strategis.

SATYA DHARMA berarti.
Kesetiaan dan dedikasi sebagai sifat yang tidak terpisahkan dari sifat luhur prajurit yang dijiwai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar